Ilustrasi (Sumber: Internet)

Musim Hujan, Cuci Baju Tanpa Bau Apek Dengan Cara Ini

Senin, 04 Februari 2019 | 11:46 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR — Pakaian yang berbau apek kadang membuat pemakainya kurang percaya diri. Bau apek pada pakaian ini sering diakibatkan oleh pakaian yang belum sepenuhnya kering setelah dicuci.

Hal tersebut kadang terjadi saat musim hujan. Sinar matahari yang jarang sekali terlihat menyebabkan pakaian yang dijemur tidak kering sempurna.

Untuk mengatasi bau apek di pakaian akibat hal tersebut, berikut tips yang dirangkum oleh Gosulsel.com untuk Anda.



1. Gunakan detergen secara merata

Tentu saja mencuci baju harus menggunakan air bersih dan detergen atau sabun. Detergen atau sabun berfungsi membasmi kuman yang menempel pada cucian. Dengan pemakaian yang rata dan menyeluruh, baju jadi benar-benar bersih dari kuman yang membuat baju berbau tak sedap.



2. Gunakan detergen yang dilengkapi ekstrak lemon

Fungsi ekstrak lemon adalah sebagai deodoran pada kain, terutama yang berbahan katun. Aroma lemon yang segar ini terbukti menempel lebih lama pada kain, bahkan saat lembab karena kurang sinar matahari sekalipun. Nah, jadi cucianmu tetap wangi deh, meskipun udaranya sedang lembap.

3. Rendam dengan pelembut dan pewangi

Setelah dibilas, rendamlah pakaian pada cairan pelembut dan pewangi. Hal ini bisa menjaga pakaian tetap lembut dan harum. Bahkan di beberapa merek pelembut dan pewangi pakaian dapat membantu mempercepat pengeringan baju. Rendamlah pakaian pada campuran air dan pewangi pakaian selama 15-30 menit.

4. Bilas hingga bersih

Bilaslah cucian sampai gelembung sabun tidak nampak lagi. Sisa sabun ini dapat membuat bajumu berbau tak sedap. Apalagi ditambah dengan kurangnya sinar matahari saat proses penjemuran.

5. Gunakan pengering mesin cuci dan digantung

Cara lebih modern adalah dengan menggunakan pengering pada mesin cuci. Namun jika kamu belum memiliki mesin cuci, kamu bisa memerasnya hingga air dalam cucian tersisa sedikit. Kemudian, kamu bisa menjemurnya dengan cara digantung menggunakan hanger. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu pun bisa menggunakan bantuan kipas angin untuk mempercepat proses pengeringan.

6. Jemur di dalam rumah

Saat musim hujan seperti ini, tempat terbaik untuk menjemur cucian adalah di dalam rumah. Kamu bisa menjemurnya di ruang belakang atau garasi, atau di tempat-tempat yang pas.

7. Segera disetrika

Segera setrika baju setelah kering. Membiarkan baju terlalu lama di jemuran hanya akan membuat baju tersebut lembab karena masih hujan. Membiarkannya tertumpuk lama pun hanya akan membuatnya lembap karena bercampur dengan baju lain yang belum kering sempurna. Kelembabapan inilah yang nantinya memicu tumbuhnya bakteri hingga akhirnya bajumu pun apek.(*)


BACA JUGA