FOTO: Kowad dan Polwan hadiri peringatan HUT ke-55 Kowad/Rabu, 11 Januari 2016/Ahmad Syadiq/Gosulsel.com

Polri Perkuat Tim Cyber, Calon Polisi Tak Mesti Kuat Lari yang Penting Jago IT

Kamis, 14 Februari 2019 | 20:24 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Jusrianto - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Rapat kerja teknis (Rakernis) yang diadakan Polri di Hotel Swiss-Bell Makassar, Rabu (13/2/2019) kemarin, juga turut membahas penerimaan polisi yang hebat dalam bidang teknologi informasi (IT).

Hal tersebut diungkapkan langsung Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani saat ditemui di Rumah Sakit Bhayangkara, Jl Mappaodang Makassar, Kamis (14/2/2019).

“Kita perlu memiliki kemampuan lebih di bidang IT. Nanti akan rekrut khusus brigadir-brigadir di bidang IT,” kata Dicky.

Untuk rekrut Polisi IT, kata Dicky, pihaknya mengutamakan pemuda-pemuda yang memiliki kecerdasan yang bisa mengutak-atik handphone dan semacamnya.

“Itu kita gunakan nanti untuk kemampuan IT. Sekarang sudah zaman cyber, kapolri mengatakan di Amerika. Tentara mereka cerdas. Dimana tentara betah di kantor dan di depan komputer. Perang sudah menggunakan drone. Jadi kita menghadapi zaman milenial kita membutuhkan polisi yang lebih cerdas,” tambahnya.

Zaman sekarang, lanjut Dicky, teknologi semakin canggih, walaupun anggota polisi tidak kuat lari namun mereka mesti kuat di bidang IT.

“Kejahatan Cyber dan lain-lain, semua melalui IT. Jadi kalo kita Polri tidak mempunyai bidang yang cukup, kita akan kalah terus dengan penjahat,” paparnya.

Nantinya, beber Dicky, Polri akan rumuskan soal kebutuhan IT untuk kalangan kepolisian.

“Bagaimana dan manfaatnya apa. Ini sementara kita godok dan akan dilaporkan ke Polri dan kita tunggu saja bulan Maret. Apakah persyaratan itu sudah ada,” bebernya.

Tak hanya itu, Polri juga mencari calon anggota polisi yang memiliki kemampuan lebih di bidang agama.

“Kita akan rekrut dari pondok-pondok pesantren yang memiliki kemampuan agama. Kita akan tempa lebih pembinaan mental,” jelasnya.(*)


BACA JUGA