Polres Maros menggelar rapat koordinasi Satuan Tugas Bantuan Sosial (Satgas Bansos) bersama Pemkab Maros di Gedung Baruga B Kantor Bupati Maros, Senin (18/02/2019).

Polisi Maros Kawal Ketat Penyaluran Bansos

Senin, 18 Februari 2019 | 18:35 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

MAROS, GOSULSEL.COM – Polres Maros menggelar rapat koordinasi Satuan Tugas Bantuan Sosial (Satgas Bansos) bersama Pemkab Maros di Gedung Baruga B Kantor Bupati Maros, Senin (18/02/2019).

Rakor dipimpin Kapolres Maros, AKBP Yohanes Richard Andrians, didampingi Kepala Dinas Sosial Maros, Kamaluddin Nur dan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Maros, Lukman.

AKBP Yohanes Richard penyampaikan bahwa dengan terbentuknya Satgas Bansos Maros, maka akan mempermudah pengawasan dan pengamanan terhadap kegiatan penyaluran bansos di wilayah Maros.

“Polres Maros siap membantu dan mengawal program bantuan sosial. Hal ini perlu lebih diawasi untuk menghindari penyalahgunaan bantuan tersebut. Bagi yang melakukan penyelewengan tentu harus dihukum, pelaku ditindak tegas,” ungkapnya.

Selanjutnya dia berharap agar penyaluran bantuan sosial dilakukan tepat sasaran, karena itu data penerima bantuan harus valid dan akurat. Sehingga berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Untuk diketahui, jenis bantuan sosial yang akan disalurkan melalui Dinsos Maros, yakni bantuan uang tunai semacam program bantuan langsung tunai (BLT), santunan sosial dan bantuan pangan, yang saat ini dikenal dengan nama Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), pengganti bantuan sosial beras sejahtera atau rastra, yang dulu disebut beras untuk rakyat miskin atau raskin.

Sasaran bantuan sosial yakni keluarga tidak mampu atau warga miskin, keluarga korban bencana alam, masyarakat adat terpencil dan penderita penyakit kronis non potensial. Bantuan sosial ini bersumber dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Hadir dalam rakor tersebut Wakapolres Maros, Kompol Muh Amin, para Kapolsek dan para Bhabinkamtibmas, serta tenaga pendamping sosial se Maros.(*)


BACA JUGA