Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Makassar, Ariaty Puspa Abadi, Senin (25/2/2019)

Disdukcapil Makassar Siap Terapkan Dukcapil Go Digital

Senin, 25 Februari 2019 | 22:20 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM–Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar bakal meluncurkan program Dukcapil Go Digital. Program ini diinisiasi saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di Makassar oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Dukcapil.

Kepala Disdukcapil Makassar, Ariaty Puspa Abady mengatakan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar telah ikut berpartisipasi dalam program Dukcapil Go Digital.

“Kami pemkot Makassar telah ikut serta di dalam program Dukcapil Go Digital. Ini sementara dirancang memang, kita bekerjasama baik dengan Dirjen Dukcapil maupun BSSN yang menjadi pemegang dari sertifikasi terhadap tanda tangan elektronik,” jelas Ariaty dalam kegiatan sosialisasi kebijakan data kependudukan dan diskusi terkait permasalahan dan peningkatan pelayanan di Disdukcapil Makassar. Senin (25/2/2019)

Saat ini, pihaknya sedang dilakukan pengaturan dan pemenuhan ketersediaan alat tanda tangan elektronik. Tak ketinggalan, pola pelayanan dan mekanisme tanda tangan elektronik pun sementara disusun Disdukcapil Makasaar.

“Intinya kota Makassar sudah masuk di dalam Program Go Digital dan terdaftar sebagai salah satu daerah yang sudah siap mengimplementasikan Dukcapil Go Digital,” ujarnya.

Meskipun begitu, tanda tangan elektronik masih dalam proses pengembangan. Hal ini dikarenakan jaringan di Dukcapil Kota Makassar masih terhubung ke pusat.

“Sementara penyusunan, kemudian di-setting ketersediaan alatnya, lalu pelayanan kita akan atur polanya,” tutupnya. (*)


BACA JUGA