Sekretaris Daerah Pemkab Selayar, H. Marjani Sultan, mengikuti kegiatan Afirmasi Asesor di Kementerian Dalam Negeri yang berlangsung selama dua hari, Senin-Selasa (25 - 26/2/2019)
#

Daerah Perlu Asesor Untuk Tingkatkan Kompetensi ASN, Sekda Selayar Ikuti Afirmasi

Selasa, 26 Februari 2019 | 23:50 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Kontributor: Asmaun - Gosulsel.com

SELAYAR, GOSULSEL.COM — Untuk  meningkatkan kompetensi profesionalitas Aparatur Sipil Negara (ASN), Sekretaris Daerah Pemkab Selayar, H. Marjani Sultan, diundang mengikuti kegiatan Afirmasi Asesor di Kementerian Dalam Negeri yang berlangsung selama dua hari, Senin-Selasa (25 – 26/2/2019).

Kegiatan ini didasarkan surat Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Dalam Negeri No: 893/295/BPSDM, Tgl. 16 Januari 2019, perihal afirmasi sertifikasi pemerintahan dalam negeri yang dihadiri pejabat Eselon I dan II di lingkungan Kemendagri Pemerintahan daerah. 

pt-vale-indonesia

Menurut Sekda, tujuan kegiatan ini agar peserta mampu melakukan uji kompetensi pemerintahan dalam menyusun materi adaptasi pejabat dalam pemerintahan. 

Sebab, kata dia, implementasi ASN harus menguasai tiga kompetensi yakni, Kompetensi Teknis, Kompetensi Managerial dan Sosiocultural. Termasuk  harus mengasai kompetensi pemerintahan.

“Ke depan, mau atau tidak, kita harus siap memasuki era kompetensi Aparatur Sipil Negara. Sehingga setiap daerah dibutuhkan asesor untuk meningkatkan kompetensi ASN,” jelasnya.

Hanya saja, ASN yang harus memiliki kompetensi bukan cuma yang memegang jabatan, tetapi seluruh ASN yang ada di daerah termasuk di Kabupaten Kepulauan Selayar. “Tapi tentu saja lewat kegiatan seperti sangat diharapkan terciptanya ASN yang kompeten dan profesional,” tandas Marjani.(*)