Gubernur Nurdin Abdullah berbicara kepada sekitar 75 perwakilan pendamping desa dari seluruh Sulsel, di Rumah Jabatan Gubernur, Makassar, Jumat pagi (1/3).

Jatah Dana Desa di Sulsel Tahun Ini Capai Rp2,3 triliun

Jumat, 01 Maret 2019 | 17:10 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

MAKASSAR,GOSULSEL.COM – Anggaran Dana Desa dari Pemerintah Pusat ke Provinsi Sulsel yang total telah mencapai Rp5,7 triliun selama empat tahun terakhir, sudah seharusnya memacu kinerja para Pendamping Desa. Gubernur Nurdin Abdullah berharap mereka terus meningkatkan kapasitas agar bisa semakin mendorong kesejahteraan masyarakat di desa masing-masing.

“Anggaran Rp5 triliun lebih dari pemerintahan Presiden Jokowi untuk seluruh desa di Sulsel bukan jumlah yang kecil. Saya berharap kita betul-betul bekerja sesuai peran yang diamanahkan,” kata Gubernur Nurdin Abdullah kepada sekitar 75 perwakilan pendamping desa dari seluruh Sulsel, di Rumah Jabatan Gubernur, Makassar, Jumat pagi (1/3).

Menurut Nurdin, kepedulian Presiden Jokowi terhadap rakyat dan seluruh desa di Sulsel sudah sangat besar.

“Program Dana Desa dari Presiden harusnya berbicara bahwa beliau sangat peduli terhadap rakyat Sulsel dan seluruh desa-desa di Sulsel,” tegasnya.

Hal penting selanjutnya, menurut Nurdin, sejauh mana anggaran Dana Desa tersebut benar-benar dirasakan manfaatnya oleh rakyat.

“Salah satu kunci suksesnya, Kita semua harus menaikkan kapasitas. Kita harus melihat di desa masing-masing, apa yang bisa didorong untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,” pesannya.

Gubernur NA pun berharap agar anggaran Dana Desa bakal terus naik jumlahnya dan dinikmati seluruh desa di Sulsel yang mencapai 2.255 desa. Hal itu tentu sangat bergantung kepada kebijakan pemerintah pusat.

“Mudah-mudahan anggaran Dana Desa bakal terus naik ke depan dan kita akan support penuh. Provinsi akan hadir untuk membuka dan menambah wawasan para Pendamping Desa dalam rangka membangun desa,” tegasnya.

Seperti diketahui, Provinsi Sulsel bakal kembali mendapatkan kucuran anggaran Dana Desa Rp2,3 triliun di tahun 2019. Artinya, setiap desa bakal mendapatkan dana Rp1,8 miliar. Sejatinya sejak 2015, pemerintahan Presiden Jokowi sudah menggelontorkan anggaran sebesar Rp5,7 triliun untuk Provinsi Sulsel. Sebanyak 2.255 desa sudah melakukan berbagai program pembangunan dengan dana tersebut.(Mirsan)


BACA JUGA