Perusahaan Daerah (Perusda) Sulsel bersama PT. Energi Equity Epic Sengkang (EEES) melakukan penandatanganan kerja sama (MoU) di Baruga Lounge, Senin (4/3/2019)

Perusda-EEES Jajaki Pembangunan Proyek City Gas

Senin, 04 Maret 2019 | 12:57 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Perusahaan Daerah (Perusda) Sulsel bersama PT. Energi Equity Epic Sengkang (EEES) melakukan penandatanganan kerja sama (MoU) di Baruga Lounge, Senin (4/3/2019). Salah satu kerja sama yang akan dilakukan keduanya adalah pembangunan proyek City Gas.

Penjabat Direktur Utama Perusda Sulsel, Taufik Fachruddin mengatakan pemerintah pusat telah membuat pilot proyek City Gas di Kota Sengkang. Sudah ada sekitar 4000 rumah tangga yang menikmati proyek ini.

pt-vale-indonesia

“Pak Gubernur berharap city gas ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat 8 kabupaten/kota. Mulai dari Wajo, Sidrap, Parepare, Barru, Pangkep, Maros dan Makassar,” kata Taufik.

City Gas ini hampir mirip dengan penyaluran air bersih yang dilakukan oleh PDAM. Nantinya Perusda Sulsel bersama Perusda kabupaten/kota yang akan menyalurkan gas ke rumah-rumah, setelah membeli gas di PT EEES.

“Tak hanya untuk keperluan rumah tangga, energi gas ini sudah dilirik beberapa perusahaan. Dua perusahaan semen, Tonasa dan Bosowa sudah berminat menggunakan gas ini,” jelasnya.

Setelah penandatanganan MoU ini pihaknya akan menemui SKK Migas untuk membahas proyek City Gas ini. Nantinya, beberapa bagian akan ditangani oleh pusat melalui anggaran APBN.

Presiden Direktur PT EEES, Andi Riyanto menjelaskan tahun ini di Kota Sengkang akan ditambah 2000 sambungan baru. Selama ini gas hasil eksplorasi PT EEES hanya dijual ke PLN untuk pembangkit listrik. Padahal produksi gas dalam sehari mencapai 40-60 MMscfd.

“Untuk City Gas ini hanya membutuhkan sekitar 5 MMscfd. Kami hanya mendapat izin eksplorasi sedangkan gasnya sendiri merupakan milik pemerintah, termasuk Pemprov Sulsel. Cadangan gas yang ada di Sengkang sendiri mencapai 2-3 thf,” jelasnya.

Selain dengan PT EEES, Perusda Sulsel juga melakukan MoU dengan PT. SCG Ready Mix Indonesia dan PT. SCG Pipe and Precast Indonesia terkait penyediaan bahan bangunan di Sulsel.(*)