Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman melakukan kunjungan ke Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan di Jl. AP Pettarani Makassar, Rabu (6/3/2019)

Wagub Sulsel Puji SIMLog Sulsel Web Aplikasi Dinsos

Rabu, 06 Maret 2019 | 18:28 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman melakukan kunjungan ke Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan di Jl. AP Pettarani Makassar, Rabu (6/3/2019).

Di tempat ini, Andi Sudirman Sulaiman meninjau SIMLog Sulsel, Web Aplikasi yang dikelola Dinsos Pemprov Sulawesi Selatan. Web Aplikasi ini berfungsi sebagai media controlling penyaluran bantuan korban bencana sosial yang terjadi di Sulawesi Selatan.

pt-vale-indonesia

Dalam kesempatan ini, Andi Sudirman memuji web aplikasi tersebut, namun menurutnya ada beberapa hal yang perlu dilakukan pembaharuan dan penambahan fungsi guna mengoptimalkan kegunaan web aplikasi Dinas Sosial Pemprov Sulsel.

“Saya kira web Aplikasi ini perlu ditambahkan kanal informasi terkait fungsi koordinasi, fungsi controlling dan fungsi evaluasi serta kalau perlu dijadikan aplikasi untuk smartphone. Sehingga fungsinya lebih maksimal,” ujar Andi Sudirman. 

Ia juga menambahkan fungsi koordinasi ini untuk memantau penyaluran bantuan bencana ke daerah kabupaten/kota. Selanjutnya fungsi Controling untuk mengatur alur distribusi bantuan (supply treasury logistic) terkait ketersediaan stock bantuan dan traffic serta timing bantuan yang masuk dan keluar dari Dinsos Pemprov Sulsel.

Selain itu, terdapat fungsi evaluasi menyangkut laporan daerah-daerah yang terdampak bencana, apakah sudah di salurkan bantuan atau belum, termasuk data identitas diri, alamat dan jenis bencana serta bantuan yang diberikan.

Andi Sudirman berharap web aplikasi ini mampu menjadi acuan terdepan dalam menanggapi secara cepat, tanggap dan up to date terhadap bencana yang terjadi di Provinsi Sulawesi Selatan.(*)


BACA JUGA