Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menyerahkan Surat Keputusan (SK) Pembangunan Posko Pelayanan Penanganan Kebakaran Kota Malino kepada Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, Rostam Razak, Senin (11/3/2019).

HUT ke-100 Damkar, Adnan Serahkan SK Pembangunan Posko Kebarakan Kota Malino

Senin, 11 Maret 2019 | 14:25 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menyerahkan Surat Keputusan (SK) Pembangunan Posko Pelayanan Penanganan Kebakaran Kota Malino kepada Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, Rostam Razak.

Penyerahan SK ini dilaksanakan pada puncak peringatan satu abad atau yang ke-100 tahun Pemadam Kebakaran, dirangkaian dengan Peringatan HUT Satpol PP ke-69 dan Sat Linmas ke-57 tahun 2019 di Halaman Kantor Bupati Gowa, Senin (11/3/2019).

Rostam menjelaskan terkait Pembangunan Posko Pelayanan Penanganan Kebakaran di Malino, Kecamatan Tinggimoncong, disebabkan maraknya kebakaran yang terjadi di kawasan hutan pinus termasuk yang pernah terjadi di hutan pinus Malino.

“Pengalaman inilah yang menjadi alasan sehingga pihaknya merasa perlu membangun sebuah posko pemadam kebakaran di Malino apalagi saat ini hutan pinus Malino menjadi salah satu andalan destinasi pariwisata di Kabupaten Gowa,” ungkapnya.

Tak hanya itu saja, pengalaman Damkar Gowa ketika terjadi kejadian kebakaran di hutan pada bulan September lalu menghadapi kesulitan besar.

” Kejadian September lalu menjadi pelajaran besar bagi kami Damkar Gowa. Ketersediaan sarana prasarana yang terbatas dan tidak memadai membuat kesulitan dalam melakukan pemadaman. Diharapkan kedepannya kebakaran dapat dicegah dan meminimalisir akibat jika terjadi kebakaran, tambahnya.

Ditempat yang sama Bupati Adnan saat membacakan sambutan seragam Menteri Dalam Negeri, dalam rangka HUT Damkar mengatakan bahwa peringatan HUT yang dilaksanakan hari ini tentu tidak hanya dijadikan forum untuk mengenang masa lalu. Tetapi harusnya dijadikan sebagai sarana meneruskan semangat juang, dedikasi dan pengabdian dalam melindungi masyarakat.

“Peringatan HUT Damkar, HUT Satpol, dan HUT Sat Linmas mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk lebih meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, menjunjung tinggi ideologi, pancasila, menjadi sarana pemersatu bangsa, mengutamakan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi dan golongan dalam upaya mewujudkan ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut, Adnan mengatakan bahwa Pemadam Kebakaran, Satpol PP, dan Linmas bukan hanya menjaga kota yang bertindak pasif, tetapi lebih dari itu harus terus berperan aktif dalam proses pembangunan dan memberikan perlindungan masyarakat.

“Pemadam kebakaran, Satpol PP dan Linmas memiliki peran penting yang telah tercermin dari tugas dan tanggungjawabnya. Mereka harus terus berperan aktif dam memberikan perlindungan kepada masyarakat utamanya terlibat aktif dalam menyukseskan agenda nasional bangsa Indonesia,” ungkap orang nomor satu di Gowa.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni, Pimpinan Forum Forkopimda, para Pimpinan SKPD serta ASN lingkup pemerintah Kabupaten Gowa.(*)


BACA JUGA