Digital Branch Bank BNI di Nipah Mall, Senin (11/3/2019)/Dilla Bahar/GOSULSEL.COM

Tak Perlu Antri Lama, Buka Rekening BNI Bisa Dilakukan Sendiri Lewat Digital Branch Nipah Mall Makassar, Begini Prosedurnya

Senin, 11 Maret 2019 | 19:59 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Untuk mempermudah layanan kepada nasanah, PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk kini menghadirkan inovasi terbaru yakni Digital Branch (D-Branch) yang terletak di Nipah Mall, Jl. Urip Sumoharjo No. 23C Lantai UG Nipah Mall Kota Makassar.

Masyarakat yang ingin membuka rekening baru tidak perlu lagi menunggu antrian di Costumer Service, melainkan bisa langsung ke Digital Branch Nipah Mall yang dilengkapi berbagai macam fasilitas.

Vice president of consumer & retail banking BNI Wilayah Makassar, Hadi Santoso mengungkapkan Digital Branch Nipah Mall ini merupakan outlet pertama untuk Wilayah Indonesia Timur yang mengusung konsep digital.

“Setelah peresmian pada November 2018 lalu, kini Digital Branch Nipah Mall ini sudah bisa dioperasikan. Jadi, masyarakat yang ingin buka rekening tidak perlu repot-repot datang ke BNI Cabang. Kalau datang ke cabang kan harus ngantri dulu. Sekarang sudah lebih gampang,” jelas Hadi Santoso, Senin (11/03/2019).

Digital Branch Bank BNI di Nipah Mall, Senin (11/3/2019)/Dilla Bahar/GOSULSEL.COM

Selain itu, Hadi  memperkenalkan berbagai macam fasilitas Digital Branch Nipah Mall, di antaranya Area Internet Point untuk mengisi formulir elektronik pembukaan rekening BNI.

Adapula Interactive Wall dan Interactive Table yang berupa layar interaktif untuk menampilkan informasi produk dan promo BNI bagi nasabah.

“Nah yang paling penting adalah mesin smart kiosk, dimana nasabah bisa melakukan pembukaan rekening tanpa harus menunggu antrian. Tidak sampai 3 menit, proses pembukaan rekening, nasabah sudah bisa memperoleh kartu debit dan fasilitas e-banking lainnya,” kata Hadi.

Selain itu, ada Video Phone Banking yakni sarana yang digunakan nasabah untuk memperoleh informasi produk atau menyampaikan keluhan terkait transaksi perbankan yang dilakukan nasabah.

Dengan hadirnya layanan digital ini, Pimpinan Digital Branch Nipah Mall Makassar, Fitryanti mengimbau kepada seluruh masyarakat yang ingin membuka rekening BNI untuk datang ke Nipah Mall Makassar.

“Jadi untuk buka Rekening BNI, tidak perlu repot-repot lagi antri di CS, tanpa mengisi formulir CS, proses buka rekening tidak sampai 3 menit akan keluar jenis tabungan nya, dan fasilitas kartu debitnya. Jadi segera ke BNI Nipah Mall untuk proses pembukaan rekening nya,” jelasnya.

Adapun prosedur pembukaan rekening sebagai berikut:

1. Menyiapkan e-KTP

2. Mengisi formulir di Internet Point dan akan keluar nomor referensi untuk pembukaan rekening

3. Kemudian, proses pembukaan rekening ini akan berlangsung kurang dari 3 menit di Mesin Smart Kios berdasarkan nomor referensi yang didapatkan melalui Internet Point.

Proses pembukaan rekening di Smart Kios dengan cara, melakukan Scan KTP yang sudah terkoneksi dengan Dukcapil. Kemudian melakukan sidik jari atau perekaman biometrik.

Selanjutnya, memilih rekening yang akan dibuka sesuai dengan kebutuhan. Ada tiga varian rekening di antaranya, BNI Taplus,  Taplus Bisnis dan Taplus Muda.

Setelah memilih jenis rekening, untuk fasilitas kartu debitnya bisa memilih fasilitas e-banking. Sementara dalam fasilitas e-banking lainnya bisa diaktifkan melalui aktivitas ATM, sedangkan mobile banking bisa melalui aplikasi BNI yang didownload melalui smartphone.

Untuk penyetoran tunai dapat dilakukan pada mesin ATM.

“Jadi  baik nasabah yang baru buka rekening maupun nasabah lama, sepanjang datanya sama, itu bisa mengaktifkan melalui mesin ATM untuk sms banking ataupun mobile banking melalui aplikasi,” kata Fitryani.

“Sebenarnya untuk konsep awalnya CS sudah tidak ada lagi, dia nanti akan mengarahkan membantu proses buka rekening dan sebagai media informasi kepada nasabah,” tambahnya.

Digital Branch Nipah Mall diupayakan dibuka 24 jam non-stop, termasuk di Hari Sabtu dan Minggu.(*)


BACA JUGA