Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) menggelar Rapat kerja penguatan klaster inovasi Sulawesi Selatan di Hotel Grand Sayang Park, Jl Manunggal 22, Kamis (14/3/2019).

Ini Produk Andalan Sulsel yang Jadi Fokus Pembangunan Klaster Inovasi

Kamis, 14 Maret 2019 | 15:36 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

MAKASSAR,GOSULSEL.COM – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) menggelar Rapat kerja penguatan klaster inovasi Sulawesi Selatan di Hotel Grand Sayang Park, Jl Manunggal 22, Kamis (14/3/2019).

Adapun empat produk unggulan daerah yang sedang dikembangkan untuk diajukan dalam pengembangan inovasi yaitu kopi, rumput laut, gula aren dan garam.

Kepala Balitbangda Sulsel, Iqbal Suhaeb mengatakan pengembangan inovasi produk unggulan daerah ini melibatkan pemerintah baik daerah dan pusat, dunia usaha, akademisi dan masyarakat.

“Kenapa harus dikembangkan cluster inovasi? Karena harus jelas industri baik industri inti dan penunjang. Didalamnya harus ada lembaga riset yang akan menggodok inovasi, termasuk enterpreneurship dan asosiasi profesi yang terlibat di dalamnya,” katanya.

Iqbal menyebutkan salah satu contoh keterlibatan Pemprov Sulsel adalah membuat regulasi atau aturan terkait peningkatan produk unggulan daerah.

“Misalnya aturan terkait industri pengguna. Selain itu harus dipikirkan peran lembaga pembiayaan, karena tidak selamanya pemerintah bisa membiayai,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA