Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Makassar, Abdul Rahman Bando

23.334 Siswa SMP di Makassar Dipastikan Ikuti UNBK

Senin, 18 Maret 2019 | 14:48 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM–Sebanyak 23.334 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kota Makassar. Pelaksanaan UNBK akan berlangsung 22-25 April 2019 mendatang.

“Basis data kita itu sekarang sudah terkunci di dalam Dapodiknas. Ini kita pastikan sudah sesuai dengan data fisik di sekolah berdasarkan inputing data dari masing-masing kepala sekolah atau operator sekolah,” jelas Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Makassar, Abdul Rahman Bando. Senin (18/3/2019)

Menjelang UNBK ini, pihaknya telah mengirimkan peserta ujian kepada seluruh siswa yang akan mengikuti UNBK. Tak hanya itu, di seluruh tempat pelaksanaan UNBK, kata Rahman, pihaknya sudah menyiapkan proktor yang akan mendampingi siswa siswa mereka.

“Berikutnya, kita nanti melakukan pengawasan silang di semua sekolah SMP, maksudnya, bahwa tidak ada guru yang mengawasi di sekolah nya sendiri, demi menjaga objektivitasnya,” jelasnya.

Bagi siswa yang berada di pulau, seperti pulau Barang Lompoa dan Kodingareng yang tidak dapat melakukan ujian secara mandiri dapat melakukan UNBK di daratan atau Kota yang telah disiapkan di Makassar.

“Kemudian kita berharap bahwa untuk anak anak yang ada di pulau yang tidak bisa melaksanakan ujian secara mandiri di sekolah nya karena banyak faktor, utamanya faktor jaringan dan kesediaan listrik, itu kita telah tentukan tempatnya di daratan sini, yaitu diikutkan pada beberapa sekolah dengan mendistribusikan mereka secara proporsional di masing maisng sekolah. Yang tidak akan menggangu anak anak lainnya,” ujar Rahman. (*)


BACA JUGA