Dinsos Gowa telah menyalurkan bantuan kepada korban kebakaran di Bontomate'ne Dusun Tuhoi Desa Tabbinjai Kecamatan Tombolopao, Rabu kemarin (20/3/2019)

Dinsos Gowa Siap Bantu Penggantian Dokumen Korban yang Ikut Terbakar

Kamis, 21 Maret 2019 | 08:34 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Sebanyak 5 unit rumah di dua tempat berbeda di Kabupaten Gowa, Selasa lalu (19/3/2019) hangus terbakar. Empat rumah berada di  Bontomate’ne Dusun Tuhoi Desa Tabbinjai Kecamatan Tombolopao dan satu rumah berada di Desa Berutallasa Kecamatan Biringbulu.

Dari kelima rumah terbakar tersebut, rumah yang terbuat dari bahan mudah terbakar semuanya hangus terbakar dan rata dengan tanah tak ada yang bisa terselamatkan. Termasuk berkas kependudukan.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gowa, Syamsuddin Bidol mengatakan bahwa pemerintah kabupaten akan melakukan penanganan bencana secara terpadu dan terintegrasi antara Pemerintah Desa, Kecamatan dan Kabupaten.

“Semua penanganan bencana ini dilakukan oleh Pemkab Gowa secara terpadu antara Pemerintah Desa, Pemerintah Kecamatan dan Pemkab Gowa secara terintegrasi,” ujar Syamsuddin.

Ia juga menjelaskan salah satunya adalah membantu korban yang kehilangan dokumen-dokumen kependudukannya karena terbakar.

“Dinsos bersama Camat dan tripika dan Kepala Desa akan terus menfasilitasi bila ada berkas kependudukan dan lain-lain yang ikut terbakar misalnya KTP dan Kartu Keluarga maka akan difasilitasi untuk penggantiannya,” ucapnya.

Tak hanya itu, termasuk surat-surat lainnya yang ikut terbakar juga akan difasilitasi untuk dikoordinasikan dengan instansi terkait dalam sistem layanan rujukan terpadu yg didampingi oleh pekerja sosial TKSK dan beberapa pekerja sosial lainnya.

Sementara itu, Rabu kemarin (20/3/2019) Dinsos Gowa telah menyalurkan bantuan kepada korban kebakaran di  Bontomate’ne Dusun Tuhoi Desa Tabbinjai Kecamatan Tombolopao. Bantuan diterima langsung oleh korban yaitu Baddu, Minggu, Jufri dan Bada’. 

Beberapa bantuan yang disalurkan oleh Dinas Sosial Kabupaten Gowa yang kemudian diserahkan langsung oleh Kepala Desa Tabbinjai kepada korban berupa Beras 20 Kg, Mie instant 4 dos, Kompor Gas 4 unit

Regulator dan selang 4 set, tabung gas 3 kg 4 unit, paket sembako 4 paket (minyak goreng 1 liter, gula pasir 2 Kg, teh 1 dos dan susu bubuk Dancow 1 gantung), selimut 11 lembar, alat dapur berupa wajan 4 pcs dan panci 4 set, tenda terpal 4 lembar, matras 4 lembar perlengkapan sekolah berupa tas dan seragam SD 1 pasang serta pakaian layak 1 karung.(*)


BACA JUGA