Tim Peningkatan Ekspor dan Investasi Daerah (PEPIDA) Provinsi Kalimantan Timur melakukan kunjungan ke Kabupaten Bulukumba dan diterima langsung oleh Bupati Bulukumba, AM Sukri Sappewali di Ruang Pola Kantor Bupati, Rabu (27/3/2019)
#

Belajar Pengembangan Pariwisata, Tim PEPIDA Kaltim Kunjungi Bulukumba

Kamis, 28 Maret 2019 | 07:31 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM — Tim Peningkatan Ekspor dan Investasi Daerah (PEPIDA) Provinsi Kalimantan Timur melakukan kunjungan ke Kabupaten Bulukumba. Tim PEPIDA yang dipimpin oleh Kepala Biro Perekonomian Provinsi Kaltim, H Nazrin diterima langsung oleh Bupati Bulukumba, AM Sukri Sappewali di Ruang Pola Kantor Bupati, Rabu (27/3/2019).

Dalam sambutannya Hazrin mengatakan, bahwa kedatangannya di tanah Panrita Lopi tersebut karena menganggap obyek wisatanya sudah lebih maju dibanding 10 kabupaten kota di Provinsi Kalimantan Timur. 

pt-vale-indonesia

“Tujuan kami datang ke sini (Bulukumba)  karena obyek wisatanya sudah lebih maju dibanding 10 kabupaten kota di Provinsi Kalimantan Timur,” ujar Hazrin.

Olehnya, lanjut Hazrin, kedatangannya beserta rombongan ingin berbagi pengalaman dengan Pemerintah Kabupaten Bulukumba terkait pengembangan pariwisata, budaya maupun kerajinan yang ada di Bulukumba.

“Pemerintah Provinsi Kaltim juga ingin memajukan pariwisata, sehingga dari kunjungan ini, kita belajar dari pengalaman Bulukumba, sambil menjajaki peluang kerjasama yang bisa dilakukan,” ungkap Hazrin.

Sementara itu, Bupati AM Sukri Sappewali menyebut, Bulukumba memiliki landskap wilayah yang lengkap, mulai dari laut, pantai, dataran rendah dan pegunungan. Semua dimensi tersebut memiliki potensi untuk dikembangkan. Dirinya menyambut baik kehadiran Tim PEPIDA Kalimantan Timur sambil menyampaikan keunggulan pariwisata di Bulukumba, seperti pantai Bira, Bara, Samboang, Marumasa. Begitu pula wisata religi di Dato Tiro serta wisata adat budaya Ammatoa Kajang. 

“Saat ini pemerintah provinsi mendorong Bulukumba sebagai destinasi wisata internasional bersama dengan Toraja. Kita serius mengembangkan pariwisata, termasuk berupaya menghadirkan bandara wisata di daerah ini,” bebernya.

Dikatakannya, untuk memajukan daerah, bukan lagi saatnya saling berkompetisi antar daerah, akan tetapi harus membangun kolaborasi antar daerah sehingga masing-masing daerah saling berkonstribusi dan saling menguntungkan.

Setelah diterima di Kantor Bupati, rombongan Tim PEPIDA beserta perwakilan pemerintah kabupaten/kota se Kalimantan Timur kemudian melanjutkan perjalanan di kawasan Pantai Tanjung Bira untuk melaksanakan ramah tamah dengan jajaran Pemerintah Daerah pada malam harinya di obyek pariwisata Pantai Bira.(*)


BACA JUGA