Peletakan batu pertama pembangunan pintu gerbang dan pagar pekuburan Kerukunan Keluarga Bulukumba di di Dusun Teamate, Desa Pallantikang, Kecamatan Pattallassang, Kamis (24/9/2020).

Kerukunan Keluarga Bulukumba Bangun Lokasi Pekuburan di Gowa

Kamis, 24 September 2020 | 19:56 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM–Dewan Pimpinan Pusat Kerukunan Keluarga Bulukumba (DPP KKB) membangun lokasi Pekuburan di Kabupaten Gowa. Pembangunan ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan pintu gerbang dan pagar pekuburan Kerukunan Keluarga Bulukumba di di Dusun Teamate, Desa Pallantikang, Kecamatan Pattallassang, Kamis (24/9/2020).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa yang diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan Pemkab Gowa, Muhammad Rusdi mengaku sangat mengapresiasi pembangunan lokasi pekuburan Kerukunan Keluarga Bulukumba di Gowa ini.

Rusdi menyebutkan bahwa di Kabupaten Gowa ini ada beberapa kerukunan atau paguyuban yang membangun lokasi pekuburan tetapi belum ada yang seperti desain lokasi pekuburan yang dibangun Kerukunan Keluarga Bulukumba ini.

“Kami melihat desain gambar lokasi pembangunan pekuburan Kerukunan Keluarga Bulukumba ini berbeda dengan kerukunan lain. Di Kabupaten Gowa ini memang banyak pekuburan keluarga tetapi ini sangat bagus, menarik, tapi, tertata dengan baik,” ujarnya.



Sementara itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Kabupaten Bulukumba, Hj.Darmawati, menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Gowa karena telah merespon dan mendukung pengadaan lokasi pekuburan Kerukunan Keluarga Bulukumba di Gowa.

Apalagi kata Darmawati bahwa sejarah telah menunjukkan adanya hubungan baik yang sudah terjalin sejak dahulu antara orang Bulukumba dengan orang Gowa, yang kemudian secara turun temurun terjadi hubungan kekeluargaan dan kekerabatan.

“Olehnya itu keberadaan pekuburan warga Bulukumba di Kabupaten Gowa ini menunjukkan adanya persaudaraan yang tinggi yang telah terjalin selama ini,” ujarnya.

Selain itu, dirinya juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pengurus Dewan Pimpinan Pusat Kerukunan Keluarga Bulukumba (DPP KKB) yang telah menginisiasi pengadaan lahan pekuburan yang diperuntukkan kepada warga Bulukumba yang ada di perantauan. 

Karena menurutnya sebagai insan yang beriman sudah harus mempersiapkan diri, membekali diri dengan amal kebaikan sebelum ajal menjemput, termasuk mempersiapkan rumah masa depan yaitu tempat peristirahatan terakhir ketika maut telah menjemput kita.

“Pengadaan pekuburan yang digagas oleh KKB ini merupakan sebuah terobosan atau langkah maju yang sangat patut kita apresiasi bersama. Dalam urusan kematian pun, KKB hadir dan memberikan perhatian serta kepedulian kepada warga Bulukumba,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum DPP KKB, Andi Badi Sommeng mengatakan lokasi pekuburan yang diperuntukkan untuk warga Bulukumba yang ada di perantauan, terkhusus yang berdomisili di Kota Makassar, Gowa, Maros dan sekitarnya ini merupakan swadaya masyarakat Kabupaten Bulukumba.

“Apabila ada warga Bulukumba di perantauan dan tidak ingin dibawa pulang ke kampung halaman, bisa dimakamkan di pekuburan Kerukunan Keluarga Bulukumba yang ada di Dusun Teamate Desa Pallantikang Kecamatan Pattallasang Kabupaten Gowa ini,” ujar Andi Badi.

Andi Badi menambahkan lokasi pemakaman yang dibangun oleh DPP KKB ini akan ditata dengan cantik, rapi, teratur dan bahkan seperti taman.

“Alhamdulillah sesuai dengan perencanaan kami, lokasi pekuburan Kerukunan Keluarga Bulukumba ini kita tata dengan baik seperti taman. Harus rapi biar kita tidak takut,” tambahnya.(*)


BACA JUGA