Peninjauan wilayah pesisir Ulo-Ulo dan sekitarnya
#

Wilayah Pesisir Ulo-Ulo Dicanangkan Sebagai Kota Baru Belopa

Kamis, 28 Maret 2019 | 12:21 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Kontributor: Eki Dalle - Gosulsel.com

LUWU, GOSULSEL.COM — Pengembangan Kota Belopa dengan konsep pembangunan kota baru, rupanya digagas duet Basmin Mattayang-Syukur Bijak (BM-SBj). Pembangunan kota baru ini fokus membidik wilayah pesisir Ulo-Ulo dan sekitarnya.

Hal itu diungkapkan Kepala Bappeda Luwu, Muh Rudi di ruang kerjanya, Kamis (28/3/2019). Menurut Rudi, kondisi Belopa sebagai ibukota Kabupaten Luwu dalam pengembangannya, memang masih membutuhkan lahan yang tidak sedikit.

“Olehnya itu dengan melihat tata kota yang ada sekarang, untuk pengembangannya sudah tidak memungkinkan. Olehnya itu, kita membutuhkan lokasi lain sebagai perencanaan kota baru nantinya. Dan pilihan jatuh pada wilayah pesisir. Dalam hal ini Ulo-Ulo dan sekitarnya,”

Pengembangan Kota Belopa ini lebih lanjut dijelaskan Sekretaris Perumahan dan Cipta Karya Kabupaten Luwu, Sofyan Tahmrin.

Dikatakan Sofyan, infrastruktur sesuai rencana pengembangan kota baru meliputi area perkantoran, sarana olahraga, pembangunan fasilitas pendidikan yang terintegrasi. Juga ada pembangunan ruang terbuka hijau (RTH), anjungan dan lain sebagainya.

“Ini adalah gagasan besar pak bupati dan wakil bupati. Kemarin sore, pak bupati bersama kami sudah melakukan peninjauan di sana,” jelas Sofyan.(*)


BACA JUGA