#

Bupati Luwu Alokasikan Rp 25 M untuk Perbaikan Jalan di Kecamatan Latimojong

Minggu, 14 Juni 2020 | 20:45 Wita - Editor: Dilla Bahar - Kontributor: Eki Dalle - Gosulsel.com

LUWU, GOSULSEL.COM – Di tahun 2020 ini, infrastruktur jalan di Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu, akan dibenahi aksesnya dengan alokasi anggaran Rp 25 Miliar Rupiah. Hal itu disampaikan Bupati Luwu, Basmin Mattayang di sela-sela kunjungan silaturrahimnya di Desa Pajang, Kecamatan Latimojong, Sabtu (13/6/2020).

Dikatakan Basmin, anggaran Rp 25 Miliar itu bersumber dari bantuan APBD Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan Tahun Anggaran 2020, yang diterima saat diundang khusus oleh Gubernur Sulsel di Makassar dua pekan lalu.

“Dua minggu lalu, saya diundang Gubernur Sulsel, Bapak Prof Nurdin Abdullah, untuk menemuinya di Makassar. Dan Alhamdulillah, undangan khusus tersebut berbuah keberkahan bagi masyarakat Luwu. Dan ini merupakan wujud komitmen perhatian Bapak Gubernur Sulsel terhadap percepatan pembangunan di Kabupaten Luwu,” tutur Basmin.

Lanjut disampaikan Basmin, total bantuan anggaran yang diterima dari Gubernur Sulawesi Selatan, Rp 43 Miliar. Dan mengenai pengaturan pengalokasian anggaran tersebut, imbuhnya, Gubernur Sulawesi Selatan memercayakan sepenuhnya kepada Bupati Luwu.



“Setelah dipikir matang dengan berbagai aspek pertimbangan, saya putuskan mengalokasikan anggaran bantuan tersebut untuk dua item pembangunan. Rp 25 Miliar untuk perbaikan infrastruktur jalan di Kecamatan Latimojong, dan Rp 18 Miliar untuk perluasan area Bandara Bua. Kemudian, saya juga sudah perintahkan dinas terkait untuk segera memulai proses pengerjaan perbaikan jalan di wilayah Kecamatan Latimojong ini,” terang Basmin.

Ditambahkan Basmin, volume infrastruktur jalan yang akan dibenahi dengan alokasi anggaran tersebut, sepanjang 22 KM yang mengitari wilayah Kecamatan Latimojong. Mulai dari Desa Kadundung perbatasan Kecamatan Bajo Barat, hingga Desa Boneposi’ tembus Desa Rante Balla perbatasan Kecamatan Basse Sangtempe, dengan jenis pekerjaan, pelebaran dan pengerasan badan jalan.

“Setelah pengerjaan perbaikan jalan ini rampung, dan akses jalan di daerah ini sudah representatif, insya Allah potensi sumber daya alam yang ada di wilayah ini dapat dimaksimalkan output dan outcome-nya. Begitu pula dengan aktivitas sosial-budaya dan taraf ekonomi masyarakat Kecamatan Latimojong dan sekitarnya, insya Allah secara bertahap akan mengalami peningkatan signifikan. Dan wujud kondisi seperti itulah yang kita harapkan bersama,” tutup Basmin.

Turut hadir dalam kunjungan silaturrahim yang berlokus di halaman Puskesmas Latimojong ini, Wakil Ketua I dan Wakil Ketua II DPRD Luwu, tokoh masyarakat Latimojong yang juga Anggota DPRD Luwu, Andi Mammang, Kepala Bappelitbangda Luwu, Plt Kadis Perkim Luwu, Camat Latimojong dan sejumlah pejabat Dinas PU-PR Luwu.

Sebelum menuju Kecamatan Latimojong, sekira Pukul 10.00 WITA, Bupati Luwu menyempatkan diri melayat di rumah duka Almarhum Kepala Desa Pangi’, Kecamatan Bajo.(*)


BACA JUGA