Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar Muhammad Ansar mewakili wali kota Makassar membuka peringatan Hari Air Sedunia, di Hotel Singgasana, Minggu (31/3/2019)

Pemkot Makassar Dukung Penuh Program RISE di 13 Kecamatan

Minggu, 31 Maret 2019 | 19:58 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Sekretaris Daerah (Sekda ) Kota Makassar Muhammad Ansar mewakili wali kota Makassar membuka peringatan Hari Air Sedunia yang diselenggarakan Revitalising Informal Settlements and their Environments (RISE) bekerja sama dengan Pemerintah Kota Makassar, di Hotel Singgasana, Minggu (31/3/2019).

Peringatan Hari Air Sedunia dirangkaikan dengan penyelesaian Baseline Randomisasi Program RISE di 13 kecamatan dalam wilayah Kota Makassar.

Muhammad Ansar mengutarakan hingga saat ini optimalisasi kebutuhan akan pemenuhan air bersih di kota Makassar masih sekitar 70 hingga 80 persen, sehingga peran RISE sangat dibutuhkan untuk mengembangkan pengetahuan serta menguji pendekatan baru terkait inovatif air dan sanitasi di kota Makassar.

“Untuk itu pemerintah Kota Makassar sangat mendukung apa yang dilakukan RISE dengan melakukan penelitian sanitasi kesehatan dan lingkungan pemukiman kumuh di Kota Makassar,” ujarnya.



Ansar mengungkapkan pemerintah kota Makassar bertekad di akhir tahun 2019 mencapai universal akses air dan sanitasi. Itu ditandai secara menyeluruh masyarakat kota Makassar di 13 kecamatan mendapatkan layanan air minum dan sanitasi yang layak.

“Intinya dalam hal ini pemukiman kumuh tidak dapat diatasi hanya dengan pembangunan fisik semata, tetapi yang lebih penting mendapatkan bukti ilmiah yang tegas dalam mengubah perilaku dan budaya masyarakat di kawasan kumuh untuk hidup secara sehat,” terangnya.(*)


BACA JUGA