Sekda Kota Makassar membuka kegiatanBaseline Randomisasi Program RISE di 13 kecamatan ini bertempat di Hotel Singgasana Makassar, Minggu (31/3/2019)

Pemkot Makassar Target Pemenuhan Air Bersih Rampung di Akhir Tahun

Minggu, 31 Maret 2019 | 23:21 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Revitalising Informal Settlements and their Environments (RISE) bekerja sama dengan Pemerintah Kota Makassar menggelar Hari Air Sedunia. Kegiatan yang dirangkaikan dengan penyelesaian Baseline Randomisasi Program RISE di 13 kecamatan ini bertempat di Hotel Singgasana Makassar, Minggu (31/3/2019).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar Muhammad Ansar yang membuka acara ini mengatakan, hingga saat ini optimalisasi kebutuhan akan pemenuhan air bersih di kota Makassar masih sekitar 70 hingga 80 persen, sehingga peran RISE sangat dibutuhkan untuk mengembangkan pengetahuan serta  menguji pendekatan baru terkait inovasi pengelolaan air dan sanitasi di kota Makassar.

pt-vale-indonesia

“Untuk itu pemerintah Kota Makassar sangat mendukung apa yang dilakukan RISE dengan melakukan penelitian sanitasi kesehatan dan lingkungan pemukiman kumuh di kota Makassar,” ujarnya.

Ansar mengungkapkan, pemerintah kota Makassar bertekad di akhir tahun 2019 mencapai universal akses air dan sanitasi. Hal itu ditandai secara menyeluruh masyarakat kota Makassar di 13 kecamatan mendapatkan layanan air minum dan sanitasi yang layak.

“Intinya dalam hal ini pemukiman kumuh tidak dapat diatasi hanya dengan pembangunan fisik semata, tatapi yang lebih penting mendapatkan bukti ilmiah yang tegas dalam mengubah perilaku dan budaya masyarakat dikawasan kumuh untuk hidup secara sehat,” terangnya.(*)


BACA JUGA