Wakil Wali Kota Makassar, Dr Syamsu RIzal MI saat menjadi pemateri pada pelatihan Kepemimpinan yang digelar oleh Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sulsel, di Hotel D'Melia, Sabtu (6/4/2019)

Jadi Pemateri di HIPMI Sulsel, Deng Ical Ungkap Syarat Jadi Pemimpin

Sabtu, 06 April 2019 | 21:52 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Wakil Wali Kota Makassar, Dr Syamsu RIzal MI saat menjadi pemateri pada pelatihan Kepemimpinan yang digelar oleh Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sulsel, di Hotel D’Melia, Sabtu (6/4/2019).

Di hadapan ratusan peserta, Deng Ical memberikan motivasi serta syarat menjadi seorang pemimpin.

pt-vale-indonesia

“Untuk menjadi seorang pemimpin, ada syarat yang mutlak dimiliki oleh seseorang, yakni kemampuan beradaptasi,” ujar Deng Ical.

Kemampuan beradaptasi bukanlah hal yang mudah, namun dapat dilakukan oleh semua orang jika ingin mempelajarinya.

“Salah satu langkah yang ditempuh HIPMI PT hari ini semoga menjadi awal langkah terbaik untuk menjadi pemimpin-pemimpin di masa mendatang,” lanjut Deng Ical.

Meninggalkan zona nyaman untuk melakukan hal yang lebih positif merupakan satu langkah mendekati proses kepemimpinan.

“Saat ini, peluang bagi generasi muda menjadi semakin terbuka. Dengan terbukanya begitu banyak akses, tinggal bagaimana cara kita mampu menganalisisnya,” lanjutnya.

Semakin berkembang dan majunya zaman maka mengakibatkan trend yang ada di pasar atau lingkunganpun juga akan ikut berubah-ubah seiring dengan jalannya waktu.

“Seorang pemimpin harus bisa beradaptasi dengan mengikuti trend pada keadaan saat ini maka seorang pemimpin tentu akan dapat memperoleh banyak keuntungan,” lanjutnya.

Cara agar bisa melakukan analisis trend yang sedang terjadi saat ini yaitu pemuda sebagai generasi penerus bangsa harus mau terjun ke lapangan dan melakukan observasi. 

“Semoga langkah yang kita lakukan hari ini membuka peluang bagi kita semua untuk dapat menjadi pemimpin-pemimpin di berbagai bidang, agar mampu memberikan kontribusi yang lebih luas bagi masyarakat,” tuturnya.(*)


BACA JUGA