Jamaah An-Nadzir Gowa Tetapkan 1 Syawal Senin Besok

Minggu, 02 Juni 2019 | 15:28 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Jamaah An-Nadzir Kabupaten Gowa menetapkan 1 Syawal 1440 Hijriah / 2019 Masehi atau hari raya Idul Fitri jatuh pada hari Senin Besok, (3/5/2019).

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal An-Nadzir atau Ketua Dewan Pengawas dan Penanggung Jawab Pendidikan dan Pembangunan Jamaah An-Nadzir Gowa, Ustadz M. Samiruddin Pademmui atau Ustadz Samir.

pt-vale-indonesia

Menurutnya, penetapan tersebut berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan tim sembilan yang tunjuk untuk melakukan pemantauan terhadap bulan.

“Kita puasa terakhir hari ini besok itu sudah masuk 1 Syawal jadi kita langsung salat Idul Fitri. Ini berdasarkan hasil  pemantauan tim sembilan dan beberapa anggota yang tinggal laut untuk memantau pasamg air laut,” ujar Ustadz Samir, Minggu (2/5/2019).

Ustadz Samir menjelaskan bahwa pemantauan sudah dilakukan di beberapa hari terakhir di bulan Ramadan dan dari hasil pemantauannya bulan sudah tidak terlihat atau terbit di ufuk timur.

“Jadi dari hasil pengamatan beberapa jamaah yang memang beberapa hari ini, Itu terakhir tadi memang sudah tidak nampak, tidak terbit bulan di timur, kalau kami kan mengamati akhirnya bulannya yaa. Jadi kita pantau inikan sebetulnya mulai dari berdasarkan nabi mengatakan itu untuk mnegetahui bulan Syaban itu antum mulainya di bulan Rajab, kemuadian untuk mengetahui Ramadan di tunjau dari Syaban dan untuk Idul Fitri kita mengamati akhir Ramadan itu. Jadi ternyata tadi malam sidang rapat terakhir itu tadi kita amati sudah tidak namapak bulan,” jelasnya.

Selain mengamati bulan Ustadz Samir juga menjelaskan bahwa Jamaah An-Nadzir melakukan pemantauan terhadap tanda-tanda alam seperti pasang surut air laut. 

“Itu juga kan dikaitkan dengan fenomena alam sperti pasang surut air laut, kemundian nanti kan pergantiannya besarnya angin, kilat dan guntur yang paling terakhir itu yang air laut itu. Jadi kita memang berdasarkan pada pasang puncaknya, yang istilahnya pasang kondak  jadi besok itu akan terjadi pasang kondak air laut itu,” tambahnya.

Pelaksanaan salat Idul Fitri akan di gelar di halaman Masjid Baitul Muqaddis kompleks pondok Jamaah An-Nadsir, Kelurahan Romang Lompoa, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa.(*)


BACA JUGA