#

Tahun Ini, Universitas Muhammadiyah Bulukumba Buka Pendaftaran Maba

Selasa, 11 Juni 2019 | 23:50 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM – Universitas Muhammadiyah Bulukumba (UMB) segera membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun ini. Hal ini menyusul diterbitkannya Keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi terkait izin perubahan bentuk Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Bulukumba menjadi Universitas Muhammadiyah Bulukumba (UMB) pada akhir Mei 2019 yang lalu.

“Mulai tahun ini juga, kami sudah membuka pendaftaran mahasiswa baru UMB,” ungkap pimpinan UMB, Jumase Basra, Selasa (11/6/2019).

pt-vale-indonesia

Sebelum penerimaan Maba, pihak Civitas Akademik UMB akan melakukan kegiatan launching atau peresmian perubahan bentuk perguruan tinggi tersebut.

Menurut Jumase Basra, rencana launching UMB akan dilakukan oleh Menteri Ristek dan Dikti, Mohammad Nasir pada tanggal 27 Juni 2019 mendatang. Pihaknya merencanakan untuk menggelar peresmian semeriah mungkin, pasalnya UMB satu-satunya pergurun tinggi yang berubah status menjadi universitas tahun ini.

“Kita akan melakukan seremoni peresmian UMB ini dengan meriah, sehingga bisa terpublikasi lebih luas,” ungkapnya.

Rencana kegiatan peresmian yang akan dilaksanakan di Kampus II Kelurahan Mariorennu dirangkaian dengan kegiatan pameran pendidikan. “Mengenai agenda acaranya, akan dipastikan setelah kami melakukan koordinasi dengan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah di Makassar,” bebernya.

Menanggapi rencana launching UMB yang akan dihadiri oleh Menristekdikti, Bupati Bulukumba, AM Sukri Sappewali menyambut baik rencana tersebut dan meminta dilaksanakan dengan semarak. Menurutnya ini adalah sebuah kemajuan dalam bidang pendidikan dengan hadirnya universitas di Kabupaten Bulukumba.

“Kami siap membantu untuk mensukseskan peresmian UMB ini, oleh karena bagaimana pun kita harus bangga dengan kehadiran UMB,” ujar AM Sukri Sappewali.

Andi Sukri menyarankan agar pihak panitia mengundang para Kepala Daerah, khususnya kabupaten tetangga, termasuk para kepala SMA/SMK di beberapa kabupaten di Sulawesi Selatan.

Untuk diketahui, UMB memiliki 3 fakultas dan 8 program studi, yang terdiri Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Biologi, Pendidikan Non Formal.

Selanjutnya Fakultas MIPA dan Sains dengan Program Studi Peternakan, Kimia serta Aktuaria.  Adapun Fakultas Teknik hanya memiliki Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota.(*)


BACA JUGA