Petinggi TNI Jemput Jenazah Mantan Kepala Staf TNI AD George Toisutta

Kamis, 13 Juni 2019 | 10:43 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Sejumlah petinggi Tentara Nasional Indonesia (TNI) menjemput langsung Jenazah Mantan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal (Purn) George Toisutta, di Apron Galaktika Lanud Sultan Hasanuddin, Rabu kemarin (12/6/2019).

Mereka adalah Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Pangkoopsau) II, Marsda TNI Henri Alfiandi, Pangdam XIV Hasanuddin, Pangkosekhanudnas II, Danlantamal VI, Danlanud Sultan Hasanuddin, Pejabat Kodam XIV Hasanuddin, Pejabat Koopsau II, Pejabat Kosekhanudnas II, Pejabat Lantamal VI, Pejabat Lanud Sultan Hasanuddin dan Pejabat Polda Sulsel.

pt-vale-indonesia

Kepala Penerangan (Kapen) Koopsau II, Mayor Sus Husban Abady yang juga ikut dalam penjemputan itu mengatakan, sebelumnya mendiang Jenderal (Purn) George Toisutta meninggal di RSPAD Jakarta karena sakit.

Almarhum sebelumnya disemayamkan dan dimandikan di rumah duka Sentosa RSPAD, kemudian di Sholatkan di Mesjid As Syifa RSPAD, setelah itu dilanjutkan dengan upacara pengantaran jenazah dengan inspektur upacara Kepala Staf Angkatan Darat untuk diberangkatkan ke Lanud Halim Perdanakususma yang selanjutnya diterbangkan ke Makassar dengan menggunakan Pesawat Hercules C-130 milik TNI Angkatan Udara.

“Setelah Tiba di Apron Galaktika Lanud Sultan Hasanuddin, jenazah diantar menuju rumah Duka jalan Rotan No 80, Gunung Sari, Makassar, yaitu kediaman Ibu Lody Toisutta yang merupakan Kakak Kandung George Toisutta. Setelah disemayamkan beberapa saat terlebih dahulu dilakukan sholat  jenazah di Mesjid Nurul Ilmi,” jelasnya.

Lanjut Mayor Sus Husban Abady, usai disalatkan, jenazah kemuadian diantar ke Taman Pemakaman Umum Dadi, Jl Lanto Daeng Pasewang, Makassar dan di makamkan dengan upacara Militer, yang bertindak selaku Inspektur upacara adalah Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Letnan Jenderal TNI Tatang Sulaiman. 

“Almarhum Jenderal (Purn) George Toisutta sebelum tutup usia, meminta untuk dikebumikan tepat disamping makam ibunya, Almarhumah Sitti Hasanah, walaupun sebelumnya sudah ditawarkan untuk dimakamkan di taman makam pahlawan Panaikang, kata salah satu keluarga Almarhum,” lanjutanya.

Prosesi Upacara Pemakaman secara militer juga turut dihadiri oleh Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo, Para Pejabat Forkompimda Sulsel, Para Pejabat TNI dan Polri, Keluarga besar Almarhum Jenderal (Purn) George Toisutta, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Sulsel.(*)


BACA JUGA