#

Sekda Gowa Lepas 647 Jamaah Calon Haji

Rabu, 19 Juni 2019 | 17:41 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Muchlis melepaskan sebanyak 647 Jamaah Calon Haji (JCH) di Gedung D’Bollo Sungguminasa, Rabu (19/6/2019).

Pada pelepasan tersebut dilakukan penyerahan bendera Indonesia kepada petugas dan pasangan Syal oleh Sekda Gowo kepada perwakilan JCH yang akan berangkat.

pt-vale-indonesia

Sementara dalam sambutannya, H. Muchlis berpesan kepada para JCH untuk fokus menjalankan ibadah haji agar menjadi haji yang mabrur.

“Jangan mau repot karena ole-ole sampai kita tinggalkan rangkaian ibadah Haji. Upayakan untuk bisa menjadi haji mabrur. Karena kalau haji mabrur itu Insya Allah masuk surga. Jangan sampai karena ole-ole kita tidak jadi haji mabrur,” ujarnya.

Sesuai dengan tema ‘Menyiapkan Jamaah Haji yang Mandiri sehat dan bertanggung jawab Menuju Haji yang Mabrur’, H. Muchlis meminta seluruh JCH ketika berada di Mekah untuk bisa mandiri dan tidak merepotkan para petugas haji.

“Dari manasik ini kira harapnya haji jadi mandiri jangan selalu cengeng selalu mau diantar itu bukan jamaah mandiri. Tapi tetap dalam kordinasi pembimbing dan ketua regu. Kemudian sehat, jaga kesehatan dan kita juga harus bertanggung jawab seperti petugas tanggungjawab dengan tugasnya,” Lanjutanya.

Sementara itu, dalam laporannya Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Gowa, Hj. Adliah mengungkapkan bahwa pelepasan yang sekaligus dirangkaikan dengan manasik haji tersebut untuk memberikan pemahaman kepada JCH terkait pelaksanaan ibadah haji.

“Tujuannya untuk memberikan pengetahuan awal tentang ibadah haji dan pembekalan akhir di manasik haji. Harapan mudah-mudahan jamaah haji yang tiga kali keberangkatan sehat untuk melaksanakan hajinya dan insya allah pulang dengan selamat dan mendapat predikat haji mabrur,” tambahnya.(*)

 


BACA JUGA