#

Di Masjid Agung Syekh Yusuf Gowa, Ust Khalid Basalamah Sebut 6 Mutiara Ramadan yang Harus Diambil

Jumat, 21 Juni 2019 | 20:21 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Ramadan baru saja usai, namun walaupun telah usai, Ustadz Khalid Basalamah mengungkapkan bahwa ada 6 mutiara Ramadan harus dilakukan. Menurutnya, Ramadan jangan begitu saja berlalu, harus ada yang membekas.

“Selama satu bulan kita belajar di Bulan Ramadan. Jangan sampai Ramadan berlalu begitu saja dan hanya menjadi kenangan,” ujar Ustadz Khalid Basalamah saat menjadi penceramah pada Pencerahan Qalbu Jumat Ibadah Pemerintah Kabupaten Gowa di Masjid Agung Syekh, Jumat (21/6/2019).

muhammad-ismak

Menurutnya, mutiara yang pertama adalah Puasa. Ia menganggap bahwa puasa yang dilaksanakan selama satu bulan penuh di Bulan Ramadan agar kita terbiasa untuk berpuasa di luar bulan suci Ramadan, peperti puasa sunnah.

“Maka mutiara yang harus kita ambil bapak ibu sekalian itu adalah ibadah puasa itu sendirian. Puasa ini dari sisi keimanannya atau penilaian spiritualnya itu adalah ibadah yang paling besar pahalanya,” ungkapnya.

Selain pahala yang yang, dari sisi kesehatan, Ustadz Khalid Basalamah juga mengungkapkan bahwa puasa merupakan masa terapi kesehatan terbaik di dunia.

“Puasa jadi dia bukan sebagai ajang penyiksaan, terbukti selama sebulan anda bisa melaluinya. Kanapa selesai Idul Fitri tidak mau melaksanakan puasa-puasa Sunnah pada hal sudah dibiasakan kemarin,” sambugnnya.

Selain itu, salah satu puasa sunnah sesudah Ramadan tang tidak kalah besar pahalanya adalah puasa enam (6) hari di Bulan Syawal. “Puasa di bulan Syawal 6 hari saja dari bulan Syawal pahalanya sama dengan berpuasa  satu tahun penuh,” lanjut.

Mutiara Ramadan kedua adalah salat malam. Ia menganggap bahwa walaupun Ramadan sudah berakhir, namun salat sunnah juga harus tetap dilaksanakan.

“Yang kedua adalah salat malam, ambil pelajaram dari tarwih kemarin. Tujuan tarwih pada Bulan Ramadan adalah agar kita terbiasa salat malam. Salat yang paling afdal setelah salat wajib adalah salat malam,” sebutnya.

Ketiga adalah kebiasaan membaca alquran jug tetap dijalankan. “Baca Alquran bapak ibu sekalian. Hatam Alquarn. Bacalah Alquran sesungguh dia akan menjadi penelong di hari akhir dan usahan membaca dengan tadabbur minimal 10 ayat perhari baca dengan terjemahannya,” jelas Ustadz Khalid Basalamah di hadapan ratusan jamaah Masjid Agung Syekh Yusuf.

Lanjutnya perbanyak sedekah, keajaiban sedekah  akan menghilangkan permasalahan. Kelima umroh, ibadah umroh merupakan sebuah ibadah yang sangat luar biasa. “Kalau ada rezeki kumpulkan untuk melaksanakan umroh,” jelasnya.

Yang terakhir atau keenam Menurut Ustadz Khalid Basalamah adalah semua jenis ibadah yang sering dilakukan di bulan Ramadan sebaiknya terus dikerjakan walaupun sesudah Ramadan. Seperti dzikir dan salat berjamaah.(*)


BACA JUGA