Pemkot Makassar meluncurkan program Jumat Ibadah bertepatan dengan pelaksanaan salat subuh berjamaah di Masjid Sultan Alauddin Kompleks UMI, Jalan Racing Center, Kecamatan Panakkukang, Jumat (21/6/2019)

Bertepatan Salat Subuh Berjamaah, Pemkot Makassar Luncurkan Jumat Ibadah

Sabtu, 22 Juni 2019 | 10:26 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM –- Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar meluncurkan program Jumat Ibadah bertepatan dengan pelaksanaan salat subuh berjamaah di Masjid Sultan Alauddin Kompleks UMI, Jalan Racing Center, Kecamatan Panakkukang, Jumat (21/6/2019).

Jumat Ibadah akan digelar setiap pekan yang diawali salat subuh berjamaah, dilanjutkan dengan kultum, pembacaan surah Al kahfi secara bersama, salat sunnah Syuruq, dan pembacaan surah Al Waqiah secara bersama yang ditutup dengan salat sunnah Dhuha.

Kultum atau ceramah agama akan disampaikan secara bergantian oleh pimpinan SKPD lingkup Pemkot Makassar dengan tema yang berbeda setiap pekannya.

Di hari perdana Jumat Ibadah, SKPD yang mendapatkan kesempatan pertama menyampaikan kultum adalah Inspektorat Kota Makassar.

“Bisa saja penceramah kita menyampaikan capaian program atau sosialisasi kebijakan pemerintah kota dalam ceramahnya atau tema lainnya yang berkaitan dengan ajaran Islam,” kata Kabag Kesra Pemkot Makassar Dahyal.

Sejak Juni hingga Desember nanti akan ada 28 masjid yang menjadi lokasi Jumat Beribadah yang tersebar di Kecamatan Rappocini, Tamalate, Mariso, Mamajang, Makassar, dan Panakkukang.

“Pemerintah kota Makassar meluncurkan Jumat Ibadah dengan harapan Makassar bisa menjadi kota yang religius di tengah heterogenitas masyarakatnya,” lanjut Kabag Dahyal.

Ia berharap Jumat Ibadah ini dapat menjadi awal dari gerakan memakmurkan masjid yang diawali dari Makassar. Masjid bisa menjadi kekuatan sosial yang menawarkan keseimbangan hidup bagi masyarakat utamanya kaum muslimin dan muslimat.(*)


BACA JUGA