Sejumlah pejabat struktural eselon III atau pejabat administrator lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa mengikuti Diklat PIM III di Hotel Lynt Makassar, Jumat (28/6/2019)

Sejumlah Pejabat di Gowa Ikut Diklat PIM

Sabtu, 29 Juni 2019 | 01:21 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Sejumlah pejabat struktural eselon III atau pejabat administrator lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa mengikuti Diklat PIM III di Hotel Lynt Makassar, Jumat (28/6/2019).

Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni yang membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan IX Pemkab Gowa dilakukan untuk dapat meningkatkan pemahaman kepemimpinan (leadership) pejabat administrator.

pt-vale-indonesia

Lanjutnya, pelatihan kepemimpinan administrator dirancang agar seluruh pejabat struktural eselon III atau pejabat administrator mampu menjabarkan visi dan misi instansi ke dalam program-program serta memimpin bawahan dan stakeholder secara strategis.

“Menyikapi pentingnya hal tersebut sehingga kegiatan ini dianggap perlu agar pejabat administrator mempunyai wawasan, pengetahuan, keahlian, keterampilan, sikap dan perilaku dalam bidang kepemimpinan aparatur ke pemerintahan,” katanya.

Tak hanya itu, Kr Kio sapaan akrab Wakil Bupati Gowa juga mengatakan pelatihan tersebut juga bertujuan untuk mencapai persyaratan kompetensi kemampuan aparatur pemerintah yang sesuai dengan jabatan administrator serta untuk menyamakan pola pikir yang dinamis sehingga memiliki wawasan pengetahuan.

“Dalam pelatihan kepemimpinan ini peserta dituntut untuk menunjukkan kinerjanya dalam merancang suatu perubahan pada unit kerjanya, kemudian memimpin perubahan tersebut,” ungkapnya.

Olehnya itu ia berharap agar seluruh peserta dapat mengikuti pelatihan tersebut dengan sebaik-baiknya. Terutama, selalu bersikap proaktif dengan penuh kedisiplinan dan ketekunan serta dapat membangun komunikasi dan kerjasama yang baik secara intensif antara atasan dan bawahan.

Sementara itu, Kepala Badan Pengembangan SDM Provinsi Sulsel, Imran Jauzi mengatakan, hingga saat ini pelatihan kepemimpinan telah diterapkan selama 5 tahun terhitung sajak 1 Januari 2014. Hanya saja di tahun depan rencananya sistem pelatihan PIM ini akan menggunakan pola baru.

“Pola baru akan kita terapkan karena kurikulum pola lama dan yang baru memiliki perubahan yang signifikan, kira-kira sekitar 85 persen,” ungkapnya. 

Sedangkan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten Gowa, Muh Basir mengatakan, kegiatan yang akan berlangsung mulai 28 Juni hingga 9 Oktober 2019 tersebut terdiri dari 240 jam pelajaran klasikal dan 585 jam pelajaran non klasikal dan terbagi dalam 5 tahapan.

“Adapun kelima tahapan tersebut yakni, tahap pertama, diagnosa kebutuhan perubahan organisasi. Tahap kedua, membangun komitmen bersama. Tahap ketiga, merancang perubahan dan membangun tim. Tahap keempat, laboratorium kepemimpinan dan tahap kelima, evaluasi kepemimpinan,” jelasnya. 

Muh Basir juga menyebutkan bahwa diklat PIM III tersebut diikuti sebanyak 40 orang peserta yang berasal dari 3 kabupaten/kota, sesuai dengan rekomendasi Kepala BKPSDM Prov Sulsel.

“Jadi para peserta ini berasal dari 3 kabupaten, 30 orang peserta berasal dari Kabupaten Gowa, 1 orang peserta berasal dari Kota Palopo, dan 9 orang berasal dari Kabupaten Mamasa, di mana pembiayaan kegiatan ini di bebankan dari APBD Kabupaten Gowa Tahun 2019,” tambah Muh Basir.(*)


BACA JUGA