FOTO: Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat membawakan sambutan pada acara malam syukuran HUT Proklamasi ke-74 Republik Indonesia (RI) yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa/Sabtu, 17 Agustus 2019/Junaid/GOSULSEL.COM

Malam Resepsi HUT RI Ke-74 di Gowa Berlangsung Meriah

Minggu, 18 Agustus 2019 | 17:16 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Acara malam resepsi kenegaraan dan malam syukuran HUT Proklamasi ke-74 Republik Indonesia (RI) yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa berlangsung sangat meriah, Sabtu malam (17/8/2019).

Kemeriahan ini hadir karena di suguhi hiburan musik, mulai dari penampilan Bupati Gowa bersama Kapolres Gowa, penampilan band lokal, hingga hadirnya penyanyi asal ibukota yakni Virgoun.

muhammad-ismak

Selain itu, juga dilakukan penyerahan piala pertandingan dan perlombaan rangkaian HUT ke-74 RI, penyerahan undian umroh dan penyematan pin emas bagi Kecamatan dan Desa yang mampu menyelesaikan PBB hingga 100 persen sebelum tanggal 17 Agustus.

Kegiatan ini merupakan rangkaian terakhir dari peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI Ke-74 Tahun, yang berlangsung di Taman Sultan Hasanuddin, Jalan Tumanurung Gowa.



Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL, dalam sambutanya mengatakan bahwa acara yang dilaksanakan pada malam hari ini mengandung makna dan esensi wujud rasa syukur kita kepada Allah SWT, atas berkah dan karunianya yang menganugrahi semangat perjuangan para pendidik bangsa dalam melawan penjajah.

“Ini adalah wujud syukur kita yang harus selalu menjadi pendorong utama dalam mewujudkan cita-cita kemerdekaan melalui serangkaian tugas dan kewajiban kita selaku anak bangsa,” katanya.

Sesuai dengan tema HUT tahun ini yaitu ‘Sumber Daya Manusia Unggul, Indonesia Maju’ menggambarkan bahwa pemerintah mengedepankan pengembangan SDM melalui pe guasaan ilmu tekhnologi agar mampu berkompetisi dengan negara lain.

“Tekad inilah bisa diwujudkan jika pemerintah dan rakyat indonesia saling bahu membahu dengan semangat gotong royong sebagaimana semangat para pendahulu kita,” ujar Adnan.

Lanjutnya, populasi penduduk indonesia saat ini sekitar 250 juta jiwa dan 757.369 jiwa diantaranya adalah penduduk yang bermukim di Gowa yang merupakan kekuatan yang bisa menjadi pembeda dengan bangsa lain.

“Kabupaten Gowa akan terus berupaya menunjukkan jati dirinya sebagai bagian dari bangsa indonesia. Upaya pembangunan pun dilakukan dengan tidak meninggalkan akar budaya dan akan selaras antara pembangunan fisik dan non fisik guna menciptakan harmoni yang manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat,” tambahnya.

Sekadar diketahui, tahun 2019 ini Pemkab Gowa telah mencanangkan sebagai tahun Infrastruktur fisik. 

“Saat ini kita sedang merampungkan revitalisasi Kawasan ruang terbuka hijau, penataan kawasan perkotaan, revitalisasi kawasan Istana Balla Lompoa, revitalisasi lapangan Kalegowa serta perampungan Gedung perawatan tujuh lantai RSUD Syekh Yusuf,” jelasnya. 

Tak hanya itu, untuk menunjang percepatan pemerataan pembangunan, pemerintah Gowa telah mengalokasikan dana untuk 46 kelurahan sebesar Rp 31,017 miliar rupiah.

“Dana ini dialokasikan untuk pembangunan sarana dan prasarana kelurahan serta pemberdayaan masyarakat yang diharapkan keberadaannya mampu mewujudkan keinginan masyarakat Kabupaten Gowa,” jelas orang nomor satu di Gowa.

Turut hadir diacara malam resepsi HUT RI ke-74, Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni, para Anggota Muspida Gowa, anggota DPRD Kab Gowa, Ketua TP PKK Kab Gowa beserta jajarannya, para pimpinan SKPD, para Camat, Veteran, Tokoh masyarakat, anggota paskibraka, serta masyarakat umum.(*) 

BACA JUGA