Gelar Forum Koordinasi Kamtibmas, Ini 3 Poin Penting Pesan Sekda Gowa

Kamis, 25 Juli 2019 | 17:26 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) menggelar Rapat Forum Koordinasi Stabilitas Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Baruga Krg Pattingalloang Kantor Bupati Gowa, Kamis (25/7/2019).

Forum yang dibuka oleh Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Gowa, H Muchlis tersebut dihadiri jajaran oleh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Gowa.

pt-vale-indonesia

Dalam sambutannya, H Muchlis, mengatakan bahwa pertemuan tersebut menjadi sangat penting, karena merupakan satu bagian mata rantai yang saling berkaitan tentang penyelenggaraan koordinasi di semua tingkat.

“Setiap daerah yang melakukan pengembangan dan pembangunan didaerahnya harus saling bahu membahu antara pemerintah serta unsur pemerintah lainnya dalam menjaga stabilitas daerah kita, karena jika tidak ada kestabilan keamanan di wilayah kita maka semua perencanaan kita akan terganggu” jelasnya.

Ia juga menjelaskan tiga hal yang perlu dicermati terkait keberadaan wilayah Kabupaten Gowa yang berbatasan langsung dengan pusat kota Provinsi Sulsel, sehingga keamanan extra sangat diperlukan.

“Ketiga poin tersebut yakni, pertama wilayah Makassar sudah padat untuk pengembangan yang sifatnya horisontal, sehingga secara perlahan pengembang akan mencari lokasi yang dekat dengan pusat kota. Kedua, trend barang bukti yang dimusnahkan terkait dengan narkoba yang mana kuantitasnya sangat besar dari tahun ketahun. Ketiga, wilayah Gowa sangat mudah masuknya aliran Islam radikalisme, sehingga diperlukan koordinasi yang baik dalam menjalankan roda pemerintahan,” tambah Muchlis.

Dirinya berharap dengan digelarnya forum koordinasi kamtibnas ini, seluruh peserta mampu mengumpulkan data-data yang akurat tentang situasi stabiltas keamanan di wilayah Kabupaten Gowa saat ini.

Sementara itu, Kepala Bakesbangpol Kab Gowa, Baharuddin T menjelaskan rapat tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan koordinasi dan kerjasama secara optimal dengan unsur pimpinan daerah, mulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan dan kabupaten/kota secara berjenjang dalam rangka menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat di Kabupaten Gowa baik dari luar maupun dari dalam daerah,” tambahnya.

Diketahui kegiatan tersebut diikuti sebanyak 60 orang peserta yang terdiri dari camat, sekcam, kapolsek, danramil, kepala seksi keamanan dan ketertiban kecamatan se-Kabupaten Gowa.(*)


BACA JUGA