Moment HUT RI Ke-74, Bupati Adnan Kampenye Anti Sampah Pelastik

Senin, 05 Agustus 2019 | 13:32 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Bupati Gowa Adnan Purichtha Ichsan secara tegas mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa untuk meminimalisir penggunaan sampah plastik. 

Hal ter tersebut disampaikan Bupati Adnan saat Upacara Bendera di Lapangan Upacara Kantor Bupati Gowa, Jalan Masjid Raya Sungguminasa, Senin (5/8/2019). 

pt-vale-indonesia

Salah satunya yang disampaikan Bupati Adnan adalah dengan tidak lagi menggunakan minuman kemasan plastik. 

Lanjut, Bupati Adnan mengatakan, pada Agustus ini kita akan merayakan HUT ke-74 Republik Indonesia, dengan itu pihaknya mengajak agar bagaimana momen kemerdekaan Indonesia dirayakan dengan melakukan perubahan. Seperti kampanye pengurangan sampah plastik. 

Menurutnya, agar perubahan ini dapat terwujud maka dibutuhkan komitmen bersama untuk bisa mengurangi penggunaan sampah-sampah plastik di lingkungan masyarakat, terlebih dahulu melalui diri sendiri. 

“Saya berharap mulai hari ini lingkungan kantor khususnya kantor bupati sudah bersih dari sampah plastik. Olehnya saya meminta agar seluruh ASN tidak lagi membeli minuman kemasan plastik baik yang berbentuk gelas maupun botol,” katanya.

Bahkan secara tegas dirinya meminta agar seluruh pimpinan SKPD bersama seluruh jajarannya untuk mempersiapkan titik-titik penyimpanan dispenser. Baik di wilayah kantornya maupun di ruangan masing-masing. 

Untuk memantau hal tersebut, Bupati Adnan akan melakukan inspeksi mendadak (sidak) secara berkelanjutan ke masing-masing SKPD untuk tidak membeli minuman kemasan plastik. 

“Saya meminta bapak dan ibu untuk menjaga kebersihan di mulai dari diri sendiri dan lingkungan kantor sendiri,” ujarnya. 

Pada kesempatan tersebut Bupati Adnan membagikan ratusan kepada Tumbler ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi penggunaan sampah plastik.(*)


BACA JUGA