Sebelum Wafat, IYL Titip Dua Pesan Ini ke Nurdin Abdullah

Selasa, 30 Juli 2019 | 19:44 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah, memiliki kenangan tersendiri terhadap Ichsan Yasin Limpo (IYL), sebelum meninggal dunia. Saat menjenguk IYL di RS Singapura, mantan Bupati Gowa tersebut sempat menyampaikan keinginannya kepada Nurdin Abdullah. 

Di awal pertemuan mereka, mantan bupati Gowa itu langsung mengomentari penampilan Nurdin Abdullah.

“Harum sekali Bapak Gubernur. Pak Gub, saya mau minta tolong. Pasti Pak Gub bisa tolong saya ini,” kata Nurdin yang menuturkan pembicaraannya dengan sang Punggawa sapaan akrab IYL.

“Pokonya bilang aja, apa yang mau dikasih tau,” kata Nurdin saat itu.

“Saya cuman minta tolong. Saya pengen ke kamar mandi sendiri, dan buang air sendiri (Bermakna ingin segera sembuh). Saya sudah tenang, tinggal satu yang saya agak sedih. Mungkin saya tidak lihat lagi dua anak saya itu menikah,” kata IYL.

Percakapan tersebut menjadi kenangan terakhir Nurdin Abdullah terhadap IYL. Atas meninggalnya Ketua PMI Sulsel itu, gubernur mengakui jika Sulsel telah kehilangan putra terbaiknya. Sosok yang sangat tegas, tidak pernah lelah membangun daerah. 

“Pak Ichsan tokoh yang luar biasa. Keluarga besar, termasuk almarhum begitu kuat mau sembuh. Semua alternatif dilakukan, termasuk beliau dalam kondisi lemah masih bisa terbang ke Jepang,” tuturnya, saat ditemui di Kantor Gubernur, Selasa (30/7/2019).

Di Jepang, lanjut Nurdin Abdullah, telah dilakukan upaya maksimal. Yang menangani juga adalah dokter terbaik, ahli kanker terbaik.

“Tetapi itulah, kita hanya dapat berusaha tetapi semua sudah ditentukan oleh Allah SWT,” ujarnya. (*)


BACA JUGA