Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menyerahkan secara simbolis hewan kurban, di Masjid Nurul Amir, Kompleks Kantor Gubernur Sulsel, Jumat (9/8/2019)

Jelang Idul Adha, Wagub Minta Perketat Pengawasan Hewan Kurban

Jumat, 09 Agustus 2019 | 18:12 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Jelang Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah yang jatuh pada tanggal 11 Agustus 2019 mendatang, Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman meminta kepada dinas terkait, untuk memperketat pengawasan hewan kurban, agar aman dikonsumsi oleh masyarakat.

Ia menegaskan, hewan kurban yang diperjualbelikan tersebut harus dilakukan pemeriksaan. Mulai dari antemortem sebelum hewan dipotong, hingga posmortem setelah hewan dipotong.

“Hal ini dilakukan agar hewan kurban yang masuk aman dikonsumsi oleh masyarakat,” kata Andi Sudirman, Kamis (8/8).

Sementara, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulsel, Abdul Azis, mengatakan, surat edaran Gubernur telah dikirim ke kabupaten/kota se-Sulsel, untuk dilakukan pemeriksaan terhadap calon hewan kurban. Sejauh ini, semua sudah berjalan sesuai SOP.

Bahkan menurutnya, mitra kerja dinas peternakan seperti Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) dan Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI), sudah melakukan pemeriksaan hewan kurban, seperti data yang dikirim. 

Rencananya, Wakil Gubernur bersama Komisi B DPRD Sulsel, akan mengunjungi langsung lokasi penjualan hewan kurban di Makassar dan Gowa.(*)


BACA JUGA