F8 Tetap Dilaksanakan Oktober Mendatang, Catat Jadwalnya

Selasa, 13 Agustus 2019 | 17:36 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Beberapa waktu lalu Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mengeluarkan statement pembatalan Event Makassar International Eight Festival and Forum atau yang lebih dikenal dengan F8 Makassar. Namun, Dinas Pariwisata Kota Makassar kini menegaskan agar tahun ini event tersebut tetap dilaksanakan.

“Jadi F8 tahun ini tetap dilaksanakan, pada bulan Oktober. Tanggal 11, 12, sampai 13 Oktober 2019,” Kepala Dinas Pariwisata Makassar, Rusmayani Madjid, Selasa (13/8/2019).

Hanya saja, berbeda dengan perhelatan tiga tahun terakhir, pada 2019 ini F8 dilaksanakan secara penuh oleh pihak ketiga atau swasta.

“Kita sudah klarifikasi ke kementerian soal alasan Pemkot Makassar tidak menyelenggarakan F8. Kita sudah jelaskan kalau Pemkot sedang melakukan rasionalisasi anggaran, dan masih ada top prioritas di atas F8. Kementerian menyarankan agar ditangani swasta, ada swasta yang mau dan mampu handle, jadi tetap dilanjutkan,” terangnya.

Dia menyebut, Kementerian Pariwisata menyayangkan jika F8 tidak dilaksanakan. Pasalnya, upaya promosi dan publikasi sudah dilakukan oleh Kemenpar sudah berjalan hampir setahun. Karena F8 merupakan bagian dari Top 10 Calendar of Event Wonderful Indonesia.

“Jadi sekali lagi bukan Pemkot Makassar tidak mau laksanakan, tapi begitu kondisinya. Banyak kebutuhan mendesak. Bukan main perjuangan dari Pemkot Makassar supaya F8 masuk Top 10 event. Apalagi, Kemenpar sudah jalan setahun melakukan promosi,” kata dia.

Meski ditangani sepenuhnya oleh swasta, pihak Pemkot Makassar tetap menyokong pelaksanaan F8. “Kita tetap dukung mereka dalam hal administrasi, seperti persuratan dan perizinan,” ujarnya. 

Sementara itu, Pj Walikota Makassar, Iqbal Suhaeb menegaskan bahwa Pemerintah Kota Makassar memberikan dukungan kepada pihak swasta untuk melaksanakan perhelatan event internasional F8 pada tahun ini.

Hal ini disampaikan Iqbal Suhaeb saat menerima kunjungan PT. Festival Delapan Indonesia di ruang kerjanya, Balaikota Makassar, Selasa (13/8/2019).

“Selama itu bermanfaat bagi masyarakat, dan menumbuhkan gairah perekonomian di Kota Makassar, tentu kita dukung kalau ada swasta yang mau gelar,” kata Iqbal Suhaeb.(*)


BACA JUGA