Ambulance (ambulans) laut milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel yang disumbang kepada Pemerintah Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep)

Ambulance Laut Pemprov Sulsel Evakuasi Pasien dari Sabutung

Rabu, 21 Agustus 2019 | 18:28 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Ambulance (ambulans) laut milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel yang disumbang kepada Pemerintah Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep) sukses menyelamatkan pasien dengan cara evakuasi dari Pulau Sabutung ke Rumah Sakit Umum Daerah di dataran, Selasa (20/8). 

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Pangkep, dr. Indriani, pasien yang bernama Ibu Uni ini masuk Puskesmas di Pulau Sabutung dengan keluhan sakit kepala, tekanan darah 200/100 mmhg. 

muhammad-ismak

Saat di Puskesmas, pasien mengalami kejang satu kali dan langsung ditangani  dokter di Puskesmas kemudian diputuskan untuk segera merujuk ke RSBS. Olehnya itu, petugas puskesmas menghubungi Ambulance Laut milik Pemprov Sulsel.

Ambulans terapung ini segera merapat ke dermaga di Pulau Sabutung untuk menjemput ibu Uni. Setelah dipastikan kondisinya stabil, pasien dinaikkan langsung ke ambulance laut tersebut. 



“Telah siap seorang medis dibantu empat orang paramedis, serta unsur pelengkap lainnya dengan bantuan paramedis memasang monitor, oksigen, infus, tensi,” katanya.

“Tim di ambulance laut segera menghubungi IGD RSBS dan melaporkan pasien rujukan untuk segera disiapkan penyambutan di IGD,” jelas Indriani. 

Menurut Indriani, proses evakuasi Ibu Uni berjalan dengan lancar dan kini pasien mendapat perawatan intensif di RSBS.(*)

BACA JUGA