Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Gowa

Damkar Gowa Sebut Kasus Kebakaran Tahun Ini Capai 31 Kasus

Senin, 26 Agustus 2019 | 17:48 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Gowa menyebutkan dari periode Januari hingga Agustus 2019 ini sekitar 31 kasus kebakaran.

“Bahkan sejak tiga bulan terakhir mengalami peningkatan, yakni pada Juni terdapat 2 kasus kebakaran, pada Juli terdapat 5 kasus kebakaran, sementara Agustus naik hingga 8 kasus kebakaran,” kata Kepala Dinas Pemadaman Kebakaran Gowa, Rostam Razak, Senin (26/8/2019).

muhammad-ismak

Lanjut Rostam Razak, ia menyebutkan bahwa dari 31 kasus kebakaran, dua diantaranya adalah kebakaran hutan. “Dari periode Januari hingga Agustus 2019 ini sekitar 31 kasus kebakaran yang telah ditangani dan 2 di antaranya adalah lahan,” sebutnya.

Sementara, Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Mustamin Raga menambahkan, kasus kebakaran sepanjang 2019 ini dari 31 kasus sekitar 22 disebabkan karena arus pendek, dua pengaruh gas dan 8 karena penyebab lainnya. 



“Sementara untuk kerugiannya secara total berupa 16 rumah, 2 lahan, 1 unit mobil dan lainnya. Juli hingga November memang adalah bulan yang rentan terjadi kebakaran dan memang trendnya agak naik karena memasuki musim kemarau,” tambahnya. 

Ia juga menambahkan, meningkatnya angka kasus kebakaran tersebut pun telah terjadi sejak dua tahun terakhir. Yakni pada 2017 terdapat 54 kasus kebakaran, dari total tersebut 28 kasus kebakaran terjadi di Kecamatan Somba Opu. Sedangkan, pada 2018 terdapat 90 kasus kebakaran dan 48 kasus kebakaran terjadi di kecamatan yang sama.(*)

BACA JUGA