Pesantren Kilat mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kesehatan Makassar di Ponpes Darul Mukhlisin UMI, Kamis (29/8/2019)

Pesantren Kilat, UMI Tanamkan Kesadaran Bela Negara

Kamis, 29 Agustus 2019 | 22:00 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

PANGKEP, GOSULSEL.COM — Pembinaan kesadaran bela negara diikuti ratusan mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muslim Indonesia (UMI), dalam rangka pelaksanaan Pesantren Kilat di Ponpes Darul Mukhlisin UMI, Kamis (29/8/2019).

Staf Utama Kantor Wilayah Kementerian Pertahanan Provinsi Sulsel, Kolonel Sus Andi Arman menjelaskan pentingnya mahasiswa baru ini untuk ikut serta dalam upaya kesadaran bela negara. Hal itu dilakukan agar tertanam kesadaran sejak dini untuk membangun jiwa nasionalisme dan patriotisme.

muhammad-ismak

“Pembinaan kesadaran bela negara sangat penting dilakukan dalam rangka upaya membangun sikap mental dan perilaku WNI yang memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme, sebagai wujud kecintaan terhadap NKRI berdasarkan pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelansungan hidup bangsa,” bebernya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa, pentingnya kesadaran bela negara dilakukan, agar negara ini tetap hidup dan melindunginya dari segala macam bentuk ancaman.



“Sebagai warga negara Indonesia, kita harus memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme, melalui bela negara ini sangat penting dilakukan, utamanya bagi para mahasiswa baru ini, agar tumbuh jiwa nasionalismenya,” bebernya.

Sementara itu, Kasi Intel Kejari Pangkep, Mustar yang turut hadir menyampaikan pentingnya upaya penegakan hukum untuk ditaati bersama, menjelaskan bahwa, generasi muda perlu terlibat dalam mengawal penegakan hukum di Indonesia.

“Sebagai generasi muda, penegakan hukum itu perlu sama-sama dikawal, agar tercipta rasa keadilan, manfaat hukum dan kepastian hukum. Apalagi UMI ini kampus yang religius mampu ikut serta dalam pencegahan kenakalan remaja,” imbuhnya.(*)

BACA JUGA