Ratusan mahasiswa baru Universitas Muslim Indonesia (UMI) mengikuti pesantren kilat di Ponpes Darul Mukhlisin UMI Padanglampe, Jumat (6/9/2019)

Ikuti Pesantren Kilat, Maba UMI Diberi Penguatan Wawasan Kebangsaan

Jumat, 06 September 2019 | 23:08 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

PANGKEP, GOSULSEL.COM — Ratusan mahasiswa baru Universitas Muslim Indonesia (UMI) mengikuti pesantren kilat di Ponpes Darul Mukhlisin UMI Padanglampe, Jumat (6/9/2019). Dalam pesantren tersebut, ditekankan penguatan wawasan kebangsaan terhadap mahasiswa.

Staf Ahli Pemkab Pangkep, Muh Jafar yang hadir sebagai narasumber menyampaikan pentingnya wawasan kebangsaan berbasis karakter dan integritas untuk dimiliki tiap mahasiswa. Ia menjelaskan bahwa mahasiswa memiliki peranan besar terhadap keberlangsungan bangsa kedepannya.

muhammad-ismak

 “Mahasiswa merupakan pelanjut kepemimpinan nantinya, sehingga sangat diperlukan wawasan kebangsaan, agar dapat tertanam dan diaplikasikan,” bebernya.

Dalam pemaparannya, ia juga mengatakan bahwa cinta terhadap tanah air juga harus menjadi dasar dalam penguatan wawasan kebangsaan.



“Nilai dasar wawasan kebangsaan yaitu harus cinta tanah air, tidak ada keberlangsungan hidup tanpa didasari dengan cinta, negara tidak akan berlanjut tanpa cinta. Sehingga sangat perlu menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air kita,” paparnya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa, mahasiswa juga harus mampu menangkal isu radikalisme yang berkembang saat ini, ia menyebut pancasila merupakan ideologi negara yang tidak dapat diganggu gugat lagi.

“Kita harus yakin pancasila sebagai ideologi negara, harga mati tidak ada lagi ideologi lain, kecuali ideoloi pancasila. Jangan mencari lagi ideologi lain selain pancasila, nilai ini yang harus ditumbuhkan,” imbuhnya.(*)

BACA JUGA