Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar menggandeng PMI Kecamatan Ujung Tanah melakukan pendistribusian air bersih ke Kelurahan Cambayya, Kecamatan Ujung Tanah, Selasa (3/9/2019)

PMI Makassar Distribusikan Dua Truk Tangki Air Bersih ke Warga Ujung Tanah

Selasa, 03 September 2019 | 13:22 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar menggandeng PMI Kecamatan Ujung Tanah melakukan pendistribusian air bersih ke lingkungan pemukiman penduduk.

Langkah ini dilakukan untuk membantu warga Kelurahan Cambayya, Kecamatan Ujung Tanah, yang mengalami kesulitan air bersih.

Dua unit mobil truk tangki berisi 5000 liter di turunkan ke lokasi pemukiman padat penduduk itu, Selasa (3/9/2019).

Di lokasi tersebut sebanyak 9 ribu jiwa yang terdampak kekurangan air bersih dari 380 KK, 5 rukun warga serta 22 rukun tetangga.

Menurut Ketua PMI Makassar Dr Syamsu Rizal Mi, pendistribusian air bersih ini merupakan program rutin PMI Makassar, bagian dari program Watsan (Water and Sanitation).

“Pendistribusian air bersih ini kita utamakan di lokasi terparah secara prioritas, hal ini dilakukan berdasarkan hasil assesment tim lapangan. 5000 liter air bersih kita distribusikan setiap titik,” ujar Deng Ical sapaan akrab Ketua PMI Makassar.

Adapun dua lokasi pendistribusian air bersih yakni samping SDN Cambayya dan rumah Ketua 0RW 02 Kelurahan Cambayya. Waktu pendistribusian air bersih pukul 15.00 WITA, ba’da Azhar.

Dalam pendistribusian hari pertama nampak ratusan warga berdesak desakan menunggu giliran untuk mendapatkan air bersih. Berkat kerjasama yang baik antar berbagai komponen masyarakat, pendistribusian air bersih berjalan lancar.

“Terima kasih para tokoh masyarakat, emak-emak dan juga anak muda yang aktif membantu proses distribusian air bersih,” ujar Deng Ical.

Rencananya program tersebut akan berlangsung selama sebulan penuh, dan setiap minggunya akan berpindah lokasi pendistribusian air bersih sesuai dari assesment tim lapangan PMI Makassar.(*)


BACA JUGA