FOTO: Suasan pelatihan dan penyuluhan pengelohan ikan bandeng di hadapan masyarakat Pangkep, oleh Dosen Unibos/Ist
#

Dosen Unibos Bantu Warga Pangkep Olah Ikan Bandeng

Senin, 09 September 2019 | 14:42 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

PANGKEP, GOSULSEL.COM – Dosen Universitas Fakultas Pertanian Universitas Bosowa menggelar penyuluhan dan pelatihan pembuatan bandeng duri, bandeng presto, dan abon banden di Desa Tekolabbua, Kecamatan Pangkajene, Kabupaten Pangkep, Minggu (08/09/2019).

 kegiatab ini merupakan bagian dari cara Unibos menjalankan program pengabdian kepada masyarakat. Tim dosen yang tergabung dalam keguatan sosial itu, yakni Tenri Abeng, S.S., M. Hum dan Dr. Ir. Zulkifli Maulana, M.P.

muhammad-ismak

Dalam kegiatan ini, dua dosen Unibos tersebut melibatkan ibu-ibu kelompok tani tuli sebagai mitra yang menjadi masyarakat sasaran program ini. Beberapa kegiatan yang dilakukan termasuk penyuluhan kepada kelompok mitra tentang ikan bandeng yang dapat ditingkatkan dari segi produksi untuk menjadi berbagai produk dengan daya saing tinggi dan memiliki nilai tambah.

“Penyuluhan kami tidak hanya sekedar materi tentang produk ikan bandeng tetapi juga memperkenalkan paket teknologi pengolahan ikan bandeng, penyuluhan dan praktek teknik pengemasan produk olahan ikan bandeng, juga penyuluhan tentang pengelolaan manajemen usaha,” kata Dr. Ir. Zulkifli Maulana.



“Hasil yang ingin kami capai yaitu bertambahnya pengetahuan dan keinginan bagi kelompok Tani Tuli sebagai Mitra untuk menerapkan teknologi diversivikasi produk olahan ikan bandeng menjadi bandeng tanpa duri, ikan bandeng presto dan abon ikan bandeng. Ini dapat meningkatkan nilai jual ikan bandeng, meningkatkan pendapatan kelompok Tani, menjadi stimulan untuk perkembangan  industri kecil dan menengah dan memberi peluang kesempatan kerja,” tambahnya.

Selain itu, dosen Unibos yang juga merupakan tim dalam kegiatan ini, Tenri Abeng, S.S., M. Hum berharap, pihaknya dapat memberikan pengetahuan cara mengelola suatu usaha dengan pengelolaan manajemen yang baik.

“Pencatatan dan pengarsipan dokumen usaha, serta perencanaan usaha. Setelah pemaparan ini, kami juga melakukan pelatihan pengolahan produk secara langsung,” ungkapnya.(*)

BACA JUGA