Pelaksana tugas (Plt) Biro Umum dan Perlengkapan Setda Sulsel, Idham Kadir

Biro Umum dan Perlengkapan Tambah Anggaran Rp27 Miliar, Ini Rinciannya

Selasa, 10 September 2019 | 20:21 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Biro Umum dan Perlengkapan Setda Sulsel mengajukan anggaran Rp27 miliar lebih di APBD perubahan 2019. Tambahan dana ini, salah satunya untuk menambah biaya makan dan minum Gubernur dan Wagub Sulsel.

Pelaksana tugas (Plt) Biro Umum dan Perlengkapan Setda Sulsel, Idham Kadir mengatakan untuk anggaran makan minum pimpinan diusulkan tambahan Rp4 miliar. Ini untuk menambah anggaran Rp3,5 miliar yang sudah ada di APBD pokok.

muhammad-ismak

“Yang ada sejak zaman Pak Hatta (mantan kepala biro umum dan perlengkapan) sangat terbatas. Apalagi agenda di Rujab Gubernur ini sangat padat, banyak tamu yang dijamu termasuk setiap event nasional,” kata Idham di Rujab Gubernur Sulsel, Selasa (10/9/2019).

Idham membandingkan anggaran makan-minum yang ada saat ini dengan tahun sebelumnya. Di tahun 2018 lalu, anggaran ini disiapkan sekitar Rp12 miliar. Angka yang ada saat ini, kata Idham justru lebih kecil dibandingkan kabupaten/kota.



Selain anggaran makan dan minum, biaya perjalanan dinas gubernur, wagub, sekda, asisten dan staf ahli juga diusulkan bertambah. Nilai tambahan yang diminta sekitar Rp1,2 miliar.

“Ini untuk biaya perjalanan luar Makassar dan luar Sulsel, yang di APBD pokok hanya tersedia Rp1,3 miliar. Ini juga untuk mengakomodir kenaikan biaya perjalanan sesuai Pergub yang baru sekitar 30 persen,” jelasnya.

Selain kedua pos anggaran tersebut, tambahan juga diusulkan untuk biaya bahan bakar motor (BBM) kendaraan dinas pimpinan. Serta belanja jasa kebersihan kantor gubernur, rumah dinas pimpinan dan beberapa item lainnya.

“Totalnya itu sekitar Rp27 miliar, termasuk belanja pegawai seperti gaji tenaga kontrak. Tapi untuk saat ini anggaran masih ada, bukan habis. Karena masih ada sampai penandatanganan APBD perubahan 2019,” pungkasnya.(*)

BACA JUGA