Dispora Kabupaten Gowa menyerahkan uang pembinaan kepada para juara pada Kejuaraan Karate Open Tournamen Bupati Cup 1 yang berlangsung 6 hingga 8 September 2019 lalu di Gedung Olahraga (GOR) Kabupaten Gowa

Pemkab Gowa Serahkan Uang Pembinaan Rp10 Juta ke Pemenang Kejuaraan Karate

Jumat, 13 September 2019 | 22:32 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Gowa menyerahkan uang pembinaan kepada para juara pada Kejuaraan Karate Open Tournamen Bupati Cup 1 yang berlangsung 6 hingga 8 September 2019 lalu di Gedung Olahraga (GOR) Kabupaten Gowa. 

Penyerahan uang pembinaan ini diberikan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan melalui Kepala Dispora Gowa Fajaruddin di ruang kerjanya yang disaksikan Ketua Panitia Kurniandi dan Korlap Kejuaraan Karate Open Turnamen Bupati Cup 1 Achmad Sjairodji, Jumat (13/8/2019). 

muhammad-ismak

Fajar mengatakan, total dana yang diserahkan kepada masing-masing pemenang sebesar Rp10 juta ditambah biaya operasional olahraga Kejuaraan Karate Rp10 juta untuk panitia dari Bupati Gowa. 

“Ada Rp20 juta dana pembinaan yang diserahkan, sudah termasuk dana pembinaan kepada pemenang dan dana operasional kepada panitia,” katanya di sela-sela kegiatan. 



Adapun dana pembiayaan yang diserahkan yakni Rp5 juta kepada Juara 1 Umum yang diraih Institut Karate Do-Nasional (Inkanas) Gowa, Rp3 juta kepada Juara 2 Umum yang diraih Indonesia Karate Do (Inkado) Sulsel dan Rp2 juta kepada Juara 3 Umum yang diraih Zidam XIV Hasanuddin. 

“Dana pembinaan kepada atlet-atlet berprestasi ini bisa digunakan untuk lebih meningkatkan kemampuan mereka, sehingga bisa terus terlibat dalam kegiatan kejuaraan. Baik di tingkat daerah, provinsi hingga nasional,” katanya. 

Sementara, untuk dana operasional yang diberikan kepada panitia tersebut juga akan memotivasi para panitia dalam membuat kegiatan-kegiatan maupun mengorganisir kegiatan dengan baik. Ia pun berharap perhelatan Kejuaraan Karate Bupati Cup 2 dapat lebih meriah dari sebelumnya. 

“Bisa memperbaiki apa yang sebelumnya telah diberikan pada Bupati Cup 1,” ujarnya. 

Hal yang akan didorong Dispora Gowa ke depan yaitu memaksimalkan pembinaan-pembinaan atlet melalui beragam kegiatan turnamen-turnamen maupun kejuaraan. Pasalnya semakin banyak turnamen yang diikuti akan semakin mengasah skill dan kemampuan mereka semakin lebih tajam. 

“Kita harap atlet-atlet kita ini dapat bersaing mulai pada kejuaraan daerah hingga nasional,” harapnya. 

Sementara, Ketua Panitia Kejuaraan Karate Open Turnamen Bupati Cup 1 Kurniandi menyampaikan terima kasihnya atas bantuan dan arahan yang selama ini diberikan pemerintah daerah. 

“Dengan kerjasama dan semangat yang diberikan pemerintah maka kegiatan yang kami lakukan kemarin dapat berjalan dengan baik. Dana operasional ini juga semoga dapat memberikan semangat untuk kami bekerja lebih baik lagi,” tegasnya. 

Di tempat yang sama Korlap Kejuaraan Karate Open Turnamen Bupati Cup 1 Achmad Sjairodji mengungkapkan, ketetapan pemenang tersebut berdasarkan perolehan medali yang diraih selama kejuaraan berlangsung.

“Kita totalkan berapa medali yang berhasil diraih. Baik itu medali emas, perak hingga perunggu,” ungkapnya. 

Ia menjelaskan, untuk Juara 1 Umum yang diraih Inkanas Gowa berhasil meraih 12 medali emas, 9 medali perak dan 7 medali perunggu. Kemudian Juara 2 Umum yang diraih Inkado Sulsel berhasil meraih 11 medali emas, 3 medali perak dan 2 medali perunggu, sedangkan Juara 3 Umum yang diraih Zidam XIV Hasanuddin berhasil meraih 8 medali emas, 10 medali perak dan 1 medali perunggu. 

Marsiah mewakili Juara 1 Umum mengatakan, dana pembinaan ini pastinya akan diserahkan kepada seluruh atlet yang telah ikut pada kejuaraan kemarin. 

“Ini akan semakin memotivasi adik-adik kami agar semakin lebih semangat dalam latihan maupun mengikuti kejuaraan,” katanya. 

Pada kejuaraan lalu, Inkanas Gowa mengirimkan sekitar 30 atlet untuk ikut bertanding.(*)

BACA JUGA