FOTO: Bupati Sinjai A. Seto Gadhitas Asapa memantau pemanfaatan alat perekam transaksi pembayaran di salah satu Warung Coto/Minggu, 15 September 2019/Izhar/GOSULSEL.COM
#

Harap Pajak Restoran Bantu Pendapatan Daerah, Bupati Sinjai Pantau Perekam Transaksi Pembayaran

Senin, 16 September 2019 | 11:43 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Kontributor: Izhar - Gosulsel.com

SINJAI, GOSULSEL.COM – Bupati Sinjai, A. Seto Gadhista Asapa memantau pemanfaatan alat perekam transaksi pembayaran di salah satu Warung Coto di Jalan Bhayangkara Kecamatan Sinjai Utara, Minggu (15/8/2019).

Penerapan alat rekam pajak bersistem online ini sebagai upaya mengoptimalkan pendapatan daerah, sekaligus mencegah adanya pelanggaran di sektor pajak.

muhammad-ismak

Kepala Bapenda Sinjai, Asdar Amal Darmawan mengatakan bahwa pemantauan ini sebagai bentuk kampanye dan sosialisasi dari Pemda kepada masyarakat selaku wajib pajak.

“Jadi setiap pembayaran di Rumah Makan ada kewajiban pajak daerah sebesar 10 persen,  itu kita sosialisasikan terus untuk memastikan bahwa setiap transaksi sudah termasuk didalamnya pajak,” jelasnya. 

Perangkat Mobile Payment Online Sistem (MPOS) atau alat rekam pajak bersistem online tersebut kerjasama dari Bank Sulselbar dan langsung terpantau dan di bawah pengawasan dan supervisi KPK bidang korsupgah.

Sementara itu Bupati Sinjai A. Seto Gadhista Asapa berharap kepada pemilik warung agar memanfaatkan alat ini sebaik-baiknya dan kepada konsumen untuk meminta bukti transaksi setiap belanja atau makan Rumah Makan. 

“Saya mengharapkan bantuannya untuk bisa bekerjasama. Banyaknya pelaku usaha yang menjalankan kewajiban wajib pungutnya akan semakin meningkatkan pendapatan asli daerah dan tentunya akan semakin banyak hal yang bisa kita bangun untuk daerah ini,” tegasnya.

Hingga saat ini Bapenda Sinjai telah memasang alat perekam transaksi online sebanyak 21 buah di Rumah Makan atau restoran yang ada di Sinjai.(*)


BACA JUGA