FOTO: Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa/Int
#

Pemkab Sinjai Pinjam Dana 185 Miliar Untuk Infrastruktur

Minggu, 06 Oktober 2019 | 16:10 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Kontributor: Izhar - Gosulsel.com

SINJAI, GOSULSEL.COM – Komitmen diawal Pemerintahan Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa untuk menunjang pembangunan infrastruktur jalan di Bumi Panrita Kitta hampir dipastikan akan terwujud.

Pasalnya, orang nomor satu di Pemerintahan Sinjai itu resmi melakukan penandatanganan akad pinjaman daerah bersama dengan PT. Bank Sulselbar sebesar Rp 185 Miliar.

Penandatanganan disaksikan oleh notaris tersebut berlangsung di Kantor Bank Sulselbar Cabang Jakarta, di Jalan Wahid Hasyim, Jumat (04/10/2019).

Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa mengungkapkan, pinjaman ini berdurasi empat tahun pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). 

Kata dia, pinjaman itu dilakukan lantaran merespon usulan masyarakat tentang kondisi jalan di Kabupaten Sinjai, apalagi hal tersebut mempengaruhi roda perekonomian utamanya di sektor pertanian.

“Pinjaman ini untuk pembangunan infrastruktur karena masih banyak Jalan-jalan di Sinjai yang belum diaspal, sedangkan Sinjai juga keterbatasan dana sehingga dilakukan pinjaman daerah di Bank Sulselbar tentunya dengan persetujuan dari Kemendagri,” ungkapnya.

Menunjang pembangunan infrastruktur di Kabupaten Sinjai dikatakan Andi Seto, juga sesuai dengan visi misi Pemkab Sinjai. Sehingga dengan adanya pinjaman dana ini dapat dimanfaatkan dan dipergunakan untuk kemaslahatan masyasakat Sinjai.

“Terima kasih Bank Sulselbar yang sangat kooperatif, banyak membantu Kabupaten Sinjai dan memudahkan proses pinjaman ini,” pinta Andi Seto.

Dia menguraikan bahwa, pinjaman ini perlu diajukan untuk akses transportasi yang makin baik dan percepatan roda perekonomian daerah.

“Setelah pembangunan infrastruktur ini maka akan mendukung sektor perkebunan dan pertanian. Hal ini akan menyumbang PAD termasuk sektor pariwisata unggulan di Kabupaten Sinjai yang saat ini sudah mulai menggeliat,” jelasnya.

Lebih lanjut Andi Seto mengatakan, pinjaman dana tersebut akan diperuntukkan kepada pembangunan infrastruktur jalan, sesuai dengan Visi dan Misi Pemkab Sinjai dalam rangka pembangunan infrastruktur jalan di semua pelosok kota hingga desa.

Masih kata Andi Seto, Pemerintah Daerah telah melakukan perhitungan yang matang. Pemkab Sinjai mampu untuk membayar hingga empat tahun ke depan. Demikian juga pemerintah pusat juga sudah melakukan perhitungan kemampuan fiskal Sinjai.

“Sehingga durasi pengembalian yang cukup lama bisa diatur ritmenya, sehingga kas daerah tidak terganggu,” tandas Andi Seto.

Sementara itu, Kepala Bank Sulselbar Cabang Sinjai Hendra Saad yang turut hadir mendampingi Bupati, merespon baik niat pemkab Sinjai untuk melakukan percepatan pembangunan Insfrastruktur di Kabupaten Sinjai.

Hadir mendampingi Bupati pada penandatanganan akad pinjaman daerah yakni, Sekda Sinjai Akbar Mukmin, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Hj Ratna, Plt Kepala Dinas Kominfo, Irwan Suiab, dan Kepala Bank Sulselbar Cabang Jakarta.(*)


BACA JUGA