#

Puluhan Pelajar SMP di Maros Kunjungi Pameran Benda Pusaka

Senin, 16 September 2019 | 16:52 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

MAROS, GOSULSEL.COM – Puluhan siswa dan siswi SMP Negeri 4 Maros melakukan kunjungan ke pameran benda pusaka yang digelar oleh Museum Daerah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Maros, Lembaga Badik Celebes dan Lembaga Adat Batubassi di Balla Lompoa Batubassi, Desa Jenetaesa, Maros, pada Senin (16/9/2019).

Pameran benda pusaka tersebut menyajikan berbagai jenis benda pusaka, mulai dari Badik berbagai jenis, Sele’, salokaa,parang dan jenis pusaka lainnya. 

pt-vale-indonesia

“Alhamdulillah antusias anak sekolah terlihat sangat baik, bahkan tadi sempat kita isi dengan dialog dengan tokoh adat Batubassi, anak-anak ini banyak yang penasaran dengan jenis-jenis pusaka yang dipajang” Ujar petugas museum, Burhan Jaya. 

Menurutnya, era saat ini para generasi muda harus diarahkan untuk ikut mencintai budaya, agar identitas diri tetap terjaga.

“Benda pusaka merupakan bagian dari kekayaan budaya kita, perlu untuk dijaga dengan baik, anak-anak kita harus bisa mencintai budaya sendiri, sebagai identitas diri,”  katanya.

Burhan juga mengajak khususnya pelajar agar berkujung kemuseum daerah karena museum dibangun oleh pemerintah sebagai wadah edukasi, pendidikan, penelitian dan rekreasi.

“Ke Museum Yuk,” Tutup Burhan Jaya.

Salah satu siswi, Dewi mengatakan jika ia sangat terkesan dengan pajangan bilah pusaka yang ada, aneka ragam motif membuatnya terkesimah. 

“Saya sangat kagum dengan banyak motif yang ada di bilah pusaka yang dipajang ini, ini baru pertama kali saya melihat badik dalam jumlah banyak, sungguh membuat saya senang,” Singkatnya.(*)


BACA JUGA