Tempat Pembuangan sampah Akhir (TPA) Caddika Limbung yang terletak di Desa Pabbentengan Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa terbakar, Selasa (17/9/2019)

TPA Caddika Gowa Terbakar, Belum Diketahui Penyebabnya

Selasa, 17 September 2019 | 23:34 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Tempat Pembuangan sampah Akhir (TPA) Caddika Limbung yang terletak di Desa Pabbentengan Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa terbakar, Selasa (17/9/2019)

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Gowa, Rostam Razak yang dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Menurutnya, kebakaran tersebut terjadi sekira pukul 17.30 WITA.

muhammad-ismak

“Betul memang ada kebakaran. Kejadiannya sekitar jam 5 sore, kami dapat info dari Dinas Lingkungan Hidup,” katanya saat di konfirmasi melalui sambungan telepon.

Sementara itu, penyebab kebakaran sendiri hingga saat ini belum diketahui. Hanya saja, kata Rostam Razak cuaca yang cukup panas bisa saja menjadi penyebab terjadinya kebakaran.

“Kalau penyebabnya kita belum tahu. Tapi apa pun saja bisa terjadi mungkin karena panas, tempat sampah itu kan ada gas matahari cukup kencang panas apa saja bisa terjadi. Api itu terjadi karena adanya suhu yang tinggi dan ada bahan yang muda terbakar,” jelasnya.

Dua armada pemadam kebakaran diturunkan untuk memadamkan api dan saat ini api sudah bisa dipadamkan. “Alhamdulillah sudah aman, tadi kita turunkan dua armada,” lanjutnya.

Ia juga meminta masyarakat untuk lebih berhati-hati dan meminta masyarakat untuk menyiapkan alat-alat pemadam kebakaran tradisional.

“Selalu kita sampaikan imbauan di mana – mana kepada masyarakat untuk berhati-hati, di mana kita ketemu masyarakat kita selalu imbau untuk berhati-hati,” tambahnya.

“Waspada terjadinya kebakaran akibat kompor, cuaca kalau panas cukup cepat untuk memicu terjadinya kebakaran. Obat nyamuk, rokok, bakar sampah atau lahan. Dan masyarakat juga harus siap dengan alat-alat tradisional seperti karun pasir untuk mengantisipasi api membesar,” sambungnya.(*)


BACA JUGA