Pelaksana tugas (Plt) Kadis Kesehatan Sulsel, Bachtiar Baso

Kadis Kesehatan Sulsel Sebut Warga Antang Terancam Penyakit Kanker

Rabu, 18 September 2019 | 19:25 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pasca kebakaran Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) Tamangapa, Antang, Makassar, petugas baik dari Dinas Kesehatan Makassar maupun Sulsel terus melakukan pemeriksaan kesehatan warga sekitar.

Pelaksana tugas (Plt) Kadis Kesehatan Sulsel, Bachtiar Baso mengatakan pihaknya membangun dua posko kesehatan bersama Dinkes Makassar. Ada puluhan tim kesehatan yang diterjunkan untuk membantu masyarakat.

“Tadi pagi saya sudah cek, saya bawa seluruh tim baik gerak cepat, tim kesehatan lingkungan dan survilence. Saya ajak BPJS kesehatan untuk datang ke lapangan. Memang masih ada asap keluar,” kata Bachtiar, saat di kantor gubernur Sulsel, Rabu (18/9/2019).

Tim kesehatan yang ada di lapangan, kata Bachtiar telah melakukan survei ke beberapa pemulung, warga sekitar dan terutama balita yang ada di sekitar TPA Tamangapa.

“Sampai saat ini sudah ada dua orang yang mengeluhkan sesak nafas. Kalau asap kebakaran penyakit yang bisa muncul Inspeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), asma dan kangker,” jelasnya.

Penyakit kangker, menurutnya bisa menjadi ancaman apalagi asap akibat kebakaran plastik sangat berbahaya. Bisa saja, saat dewasa anak-anak yang menghirup asap kebakaran bisa terkena kanker paru-paru.

“Mungkin baik kelihatan sekarang, tapi kalau dewasa bisa jadi gangguan paru-paru. Kedua asma bisa berbahaya kalau kena asap juga bisa mengakibatkan kematian,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA