FOTO: Suasana tudang Sipulung camat Lau, Maros/Jumat, 20 September 2019/Muhammad Yusuf/GOSULSEL.COM
#

Pemerintah Camat Lau Gelar Tudang Sipulung Appalili

Jumat, 20 September 2019 | 19:13 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

MAROS, GOSULSEL.COM – Camat Lau Kabupaten Maros, Andi Rais Noval, menghadiri kegiatan Tudang Sipulung atau Appalili yang digelar di Kelurahan Soreang, Jumat (20/9/2019).

Musyawarah Tudang Sipulung atau Appalili digelar untuk menantukan waktu tanam padi bagi petani.

“Kita berharap kegiatan ini bukan hanya sebagai kegiatan rutin setiap tahun, tetapi merupakan evaluasi dari kegiatan tanam padi sebelumnya. Juga sebagai upaya dalam meningkatkan produksi padi para petani,” ujarnya.

Lurah Soreang, Andi Arham Rizkiawan menyampaikan, pihaknya menganjurkan kepada petani agar mengikuti saran para penyuluh dan petugas pertanian lapangan agar dapat menghasilkan padi yang sukses panen. Selain itu, ketersediaan air harus betul-betul menjadi pertimbangan dalam penentuan waktu tanam,” paparnya.



Sementara itu, Sekretaris Lurah Soreang, Ilham Halimsyah, menyampaikan, kegiatan ini diikuti para kelompok tani di Kelurahan Soreang, para ketua RW dan RT, Bhabinkantibmas dan Babinsa, serta kader PKK dan wakil dari pemuda.

“Sebelum penentuan waktu menanam padi pada musim tanam ketiga tahun ini, dilakukan penyuluhan oleh Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Lau dan Petugas Pengamat Hama Penyakit (PHP) Kecamatan Lau,” jelasnya.

Hasil dari kegiatan ini akan menjadi bahan untuk kegiatan musyawarah Tudang Sipulung atau Appalili di tingkat kecamatan dan kabupaten. Masa tanam diperkiran pada Oktober mendatang.(*)


BACA JUGA