Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sulawesi Selatan melaunching Crisis Centre dan posko bantuan bencana krisis kemanusiaan yang terjadi di Wamena Papua. Posko tersebut dibuka di Kantor ACT Sulsel Jalan Sultan Alauddin Plaza Ruko BB no. 11, Senin (30/9/2019)/JUNAID/GOSULSEL.COM

Kisruh Wamena Papua, ACT Sulsel Buka Posko Crisis Centre di Makassar

Senin, 30 September 2019 | 13:54 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sulawesi Selatan melaunching Crisis Centre dan posko bantuan bencana krisis kemanusiaan yang terjadi di Wamena Papua. Posko tersebut dibuka di Kantor ACT Sulsel Jalan Sultan Alauddin Plaza Ruko BB no. 11, Senin (30/9/2019).

Direktur Komunikas ACT Lukman Azis Kurniawan mengatakan bahwa pembentukan posko tersebut sebagai tempat pengaduan dan pusat informasi terkait konflik yang terjadi di Wamena Papua.

“Crisis Centre ini kami bentuk untuk mensuplai informasi kepda publik dan rekan-rekan media mengenai informasi yang sesungguhnya di lapangan yang terjadi,” kata Lukman Azis Kurniawan.

Lukman Azis Kurniawan bahkan menjamin semua informasi dari Crisis Centre adalah data yang valid. Ia menyebutkan sejumlah relawan ACT sudah berada di lokasi pengungsian.



“Kita menjamin informasi yang deberikan untuk pubblik akurat dari tim ACT di lapangan. Yang merasa ingin mendapatkan informasi bisa di datang ke sini. Ini sengaa kita siapakan untuk mendapatakan yang akurat,” lanjutnya.

Tak hanya itu, ia juga menambahkan Crisis Centre juga hadir sebagai tempat pengaduan bagi masyarakat Sulawesi Selatan yang ingin mengetahui keadaan keluarga di Wamena Papua.

Sementara itu, Head of Region Indonesia Timur, Syahrul menyebutkan bahwa hingga saat ini jumlah pengungsi di Wamena Papua sudah mencapai 10 ribu pengungsi yang di dominasi oleh warga Bugis Makassar.

Selain itu, Syahrul juga menyebutkan bahwa saat ini tim ACT sudah diturunkan tim untuk membantu para pengungsi. “Pekan lalu kita telah mengirimkan tim untuk ke pengungsian. Seperti tim medis dan tim juga membuka posko untuk dapur umum,” tambahnya.(*)


BACA JUGA