Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sulawesi Selatan kembali memberatkan sejumlah tenaga medis ke Wamena Papua, Rabu (2/10/2019)

ACT Sulsel Berangkatkan Tenaga Medis ke Wamena Papua

Rabu, 02 Oktober 2019 | 21:08 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sulawesi Selatan kembali memberatkan sejumlah tenaga medis ke Wamena Papua, Rabu (2/10/2019).

Regional Head Manager ACT Wilayah Indonesia Timur, Syahrul Mubarak mengatakan bahwa tenaga medis tersebut untuk membantu para pengungsi akibat kerusuhan yang terjadi di Wamena Papua.

Selain itu, Syahrul Mubarak juga mengatakan bahwa hal tersebut dilakukan sebagai bentuk perhatian ACT Sulsel terhadap krisis kemanusiaan yang terjadi di Wamena Papua.

“Lagi-lagi ini adalah bentuk komitmen kami terhadap krisis kemanusiaan yang terjadi,” kata Syahrul Mubarak saat melepas tim medis ke Wamena, Papua di Bandar Udara Sultan Hasanuddin Makassar.

Syahrul Mubarak berharap kehadiran tim medis tersebut mampu memberikan tindakan medis terhadap para pengungsi khususnya bagi mereka yang mengalami luka cukup serius akibat krisis kemanusiaan yang terjadi.

“Keberangkatan tim medis dari ACT Sulawesi Selatan ini merupakan satu ikhtiar untuk memastikan saudara-saudara kita terlayani secara medis atapun psikis,” lanjutnya.

Ia juga menjelaskan lama di lokasi pengungsian tentu menjadi ketidaknyamanan tersendiri bagi sebagian penyintas Wamena Papua. Kondisi bercampur baur menjadikan setiap jiwa rentan terjangkit penyakit. Belum lagi kondisi psikologis yang boleh jadi membuat mereka jenuh dan cenderung stres.

“Apapun alasannya, krisis kemanusiaan ini sejatinya tidak bisa dibiarkan berlarut-larut. Puluhan korban jiwa dan ribuan pengungsi sudah cukup menambah keprihatinan kita semua. Kita berharap, semuanya segera membaik dan pulih seperti sedia kala,” tandasnya.(*)


BACA JUGA