Warga Kabupaten Gowa pengungsi  kerusuhan Wamena Papua tiba di Makassar, Jumat kemarin (4/10/2019)

15 Warga Gowa Pengungsi Kerusuhan Wamena PapuaTiba di Makassar

Sabtu, 05 Oktober 2019 | 12:47 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Sebanyak 15 warga Kabupaten Gowa pengungsi  kerusuhan Wamena Papua tiba di Makassar, Jumat kemarin (4/10/2019).

Bagian Komunikasi Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sulawesi Selatan, Mustafa Mathar mengatakan 15 pengungsi asal Kabupaten Gowa tersebut tiba bersama puluhan pengungsi lainnya dari barbagai wilayah.

“Mereka tiba di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar Jumat kemarin pukul 07.00 (Wita) menggunakan Pelni KM Gunung Dempo,” kata Mustafa Mathar, Sabtu (5/10/2019).

Nama-nama warga Kabupaten Gowa yaing tiba di Makassar yaitu, Rizal (26), Sultan (20), Daeng Sarrah (45), Daeng Ramma (40), Kamaruddin (20), Daeng Sallang (40), Huttang (23), Muh Nasir (40), Noro (40), Syamsul Bahri (42), Saldi (3), Khaeruddin (45), Risal (40) Muh Naeir (40) dan Naru (40).

Selain warga Kabupaten Gowa, juga tiba warga Galesong Kabupaten Takalar,  Kota Makassar, Maros, Jeneponto, Bantaeng,  Toraja, Palopo, Luwu Timur dan Polewali Sulawesi Barat.

Selain itu, ACT Sulsel juga membuka posko di Pelabuhan. Terlihat sejumlah warga yang baru tiba dari Papua langsung diperiksa kesehatannya oleh tim medis ACT Sulsel.

Sementara itu, beberapa waktu lalu Direktur Komunikasi ACT, Lukman Azis Kurniawan mengungkapkan bahwa ACT Sulsel siap membantu kepulangan warga pendatang yang ada di Wamena Papua.

“Kita akan berupaya juga menyiapkan pemulangan warga pendatang yang ada di sana. Kita akan siapkan pemulangan dengan dua jalur, yaitu jalur laut dan udara. Kita akan mencarter dua pesawat komersil dan kita bersinergi dengan TNI Angkatan Udara untuk bisa menggunakan pesawat herkules,” ujarnya.(*)


BACA JUGA